IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR GEOMETRI CALON GURU SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TAHAP BERPIKIR VAN HIELE

Isna Rafianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam penguasaan konsep geometri yang membutuhkan pola berpikir dalam menerapkan konsep dan keterampilan dalam memecahkan masalah tersebut. Tetapi dalam kenyataannya siswa-siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memecahkan soal-soal geometri. Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan mahasiswa yang dipersiapkan untuk menjadi guru sekolah dasar yang profesional. Bukan hanya penguasaan konsep yang harus dimiliki seorang guru, tetapi kesiapan dalam hal mengajar juga harus diperhatikan, terutama pada materi geometri. Guru sebaiknya mengetahui tahapan atau level berpikir geometri siswanya berada pada tahap apa, agar proses pembelajaran dapat dipahami oleh siswa. Sebelum guru mengetahui tahapan berpikir siswanya, sebaiknya guru juga mengetahui tahap berpikir geometri yang dimilikinya, agar guru dapat mengevaluasi diri ketika nanti akan mengajar. Tahap berpikir yang menjadi acuan adalah tahap berpikir geometri dari Van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tahap berpikir geometri calon guru Sekolah Dasar ditinjau dari tahap  berpikir Van Hiele. Metode yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap berpikir geometri calon guru Sekolah Dasar ditinjau dari tahap  berpikir Van Hiele sebagian besar (50%) hanya mencapai tahap 1 atau tahap pengenalan.

 

Kata Kunci: Geometri, Tahap Berpikir


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika