BELIEF MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS INVESTIGASI AUTENTIK

Puji Lestari

Abstract


Belief matematis merupakan bagian dari kemampuan afektif yang banyak menjadi sorotan dalam beberapa penelitian pendidikan matematika. Adanya kecenderungan mahasiswa calon guru yang dihasilkan institusi pendidikan masih belum memuaskan kebutuhan kurikulum sekolah menjadi alasan utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji belief matematis mahasiswa calon guru yang telah mendapatkan pembelajaran dengan model Aktivitas Investigasi Autentik pada mata kuliah kapita selekta matematika dasar II. Metode penelitian berupa survei yang merupakan bagian dari kuasi eksperimen dengan fokus pada kelas eksperimen. Subjek penelitian berjumlah tiga puluh tiga orang mahasiswa STKIP Garut. Instrumen penelitian berupa angket serta kuesioner sikap. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keyakinan mahasiswa terhadap matematika berada pada tingkat platonis, keyakinan mahasiswa terhadap proses belajar matematika berada pada tingkat problem solving, serta keyakinan matematika terhadap proses mengajar matematika juga berada pada tingkat problem solving. Hal ini menjadi indikasi baik yang dapat dijadikan acuan bagi para dosen yang mengajar calon guru matematika untuk memperhatikan aspek keyakinan dan konsepsi para mahasiswanya tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan.

 

Kata kunci: Belief matematis, Model Aktivitas Investigasi Autentik, Mahasiswa Calon Guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika