DETERMINAN PERSEPSI ETIKA MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Muria Kudus)

Nanik Ernawati, Amin Kuncoro

Abstract


Abstract

 

This research aims to examine whether gender and socio economic status influence the perception of ethical accounting students with the Love of money as an intervening variable. The sample used in this study is the Muria Kudus University accounting students. The samples used in this study 68 respondents using purposive sampling that students who have followed the course of Business Ethics and Professional Ethics. Analysis of the data in this study using Path Analysis. The conclusion of this study is 1). Gender differences and social status affect the love of money 2). Gender differences and social status influence the perception of ethical accounting students 3). Love of Money influence the perception of ethical accounting students 4). Gender differences are detrimental to the perception of ethical accounting students through the Love of Money 5). Social status is a determinant of the ethical perception of accounting students through the Love of Money

 

Keywords: Love of money, student perception, social status, gender

 

Abstrak

 

Penelitan ini bertujuan untuk menguji apakah gender dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan Love of money sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 68 responden dengan metode purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Etika Bisnis dan Etika Profesi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Jalur (Uji Path Analysis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Perbedaan gender dan status sosial berpengaruh terhadap love of money 2). Perbedaan gender dan status sosial berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi 3). Love of Money berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi 4). Perbedaan gender merupakan determinan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi melalui Love of Money 5). Status sosial merupakan determinan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi melalui Love of Money.

 

Kata kunci: Love of money, persepsi mahasiswa, status sosial, gender

Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Ayu Widyaningrum, 2013. Determinan Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, Vol 2, No 2: Semester Genap 2013/2014.

Boynton, W. C. 2002. Modern Auditing. Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Charismawati, C. 2011. Analisis Hubungan antara Love of Money dengan Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro.

Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Miftah Toha.(2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Nasaruddin Umar. 2002. Pemahaman Islam dan Tantangan Keadilan Gender. Yogyakarta: Gama Media.

Pradanti. 2014. Analisis Pengaruh Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Rahmat, Jallaludin. 1990. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Sipayung. 2015. Analisis Pengaruh Aspek Comunale, C, Thomas, S dan Stephen Gara. 2006. Professional Ethical Crises: Acase Study of Accounting Majors. Manajerial Auditing Journal, Vol 21,No 6, pp 636-656.

Elias, Z.R., dan Farag Magdy. 2010. The relationship between accounting students' love of money and their ethical perception. Managerial Auditing Journal . Vol. 25, No.3, (2010), pp.269–281.

Freddy Rangkuti. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Jusup, Al Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan).Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kumala, Ratu Maruta. 2016. Determinan Persepsi Etika MahasiswaDemografi, Status Sosial Ekonomi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Walgito, Bimo. 1989. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

Yamauchi & Templer, D.I. (1982). The Development of Money Attitude Scale. Journal of Personality Assessment, 46(5), 522-528.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrat.v9i1.4279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Akuntansi Terpadu

pISSN 1979-682X    eISSN 2528-7443

Creative Commons License

Jurnal Riset Akuntasi Terpadu (JRAT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License