ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KINERJA INOVASI DAN KINERJA PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PADA SENTRA INDUSTRI TAS DESA KADUGENEP

Sofyan Sofyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik dan menganalisis pengaruh jaringan sosial terhadap orientasi kewirausahaan, pengaruh kapabilitas perusahaan terhadap orientasi kewirausahaan, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja inovasi dan pengaruh kinerja inovasi sebagai pemediasi yang merupakan konsekuensi dari orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Dengan mengambil cakupan desa Kadugenep, sebagai sentra industri kreatif di Kabupaten Serang, sebagai ruang lingkup wilayah yang akan diteliti. Pengambilan sampel dilakukan pada pemilik UMKM, pengelola UMKM dan pemilik sekaligus pengelola UMKM. Data yang dapat digunakan dalam penelitian dengan data isian yang lengkap dan sesuai kriteria penelitian sebanyak 70 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Squares-Struktural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3.0 yang diaplikasikan untuk menganalisis data dan jalur pemodelan dengan variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial dan kapabilitas perusahaan mempengaruhi pengembangan orientasi kewirausahaan dan kinerja inovasi semua mempengaruhi kinerja pemasaran. Selain itu hasil indirect effect untuk kinerja inovasi T-statistik signifikan pada 5.324 > 1.96, yang berarti kinerja inovasi dapat menjadi variabel mediator secara parsial (partial mediaton) untuk hubungan orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa