MAKNA FOTO INSTAGRAM OLIVIA LAZUARDY SEBAGAI FASHION BLOGGER INDONESIA

Malinda Puteri Kusaeni, Yanti Setianti, Priyo Subekti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa media sosial Instagram digunakan oleh fashion blogger Indonesia terutama Olivia Lazuardy untuk mengkonstruksikan personal branding lewat foto yang diunggah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna foto Instagram Olivia Lazuardy sebagai fashion blogger Indonesia dengan personal branding yang elegan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto Instagram Olivia Lazuardy memiliki gratifikasi tanda yaitu objek,warna,dan komposisi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa foto Instagram dapat mengkonstruksi makna personal branding secara simbolis berdasarkan tanda-tanda yang terdapat padanya. Makna personal branding pada foto Instagram Olivia Lazuardy adalah dirinya yang elegan sebagai fashion blogger Indonesia.

Kata kunci: Instagram, Personal Branding, Semiotics, Fashion Blogger,

Full Text:

PDF

References


Ardianto,E.,&QAnees, B.(2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Barnard, M. (2009). Fashion sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra.

Enterprise, J. (2011). Personal Branding lewat Internet. Jakara: Alex Media Komputindo.

Jade, L. (2012). Fashion Photography 101. Lewes: Ilex.

McNally,D.,&Speak,K.D.(2011).BeYourOwnBrand.SanFransisco:Berrett- Koehler Publishers.

Montoya, P., & Vandehey, T. (2009). The Brand Called You. USA: McGraw-Hill.

Noth, W. (1990). Handbook of Semiotics. Indiana : Indiana University Press.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi.

Paulus,E.,&Lestari,L.I.(2013).BukuSakuFotografi.Jakarta:ElexMedia Komputindo.

Ratri,C.(2015).Blogging: Have Funand Get The Money. Jogjakarta: Stiletto Book.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wasesa,S.A.(2011).PoliticalBranding&PublicRelations.Jakarta:Gramedia

Pustaka Utama.

Wibowo, I. S. (2013). Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

SUMBER LAIN

Edwin, Y. (2016, Januari 15). Instagram beberkan fakta-fakta pengguna di Indonesia. Retrieved Juli 19, 2016, fromBeritagar: https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/instagram-beberkan-fakta-fakta- pengguna-di-indonesia

Goenawan,M.A.(2016,Maret12).Berbenah,Instagram Ganti Logo.Retrieved Juli 19, 2016, from Detik Inet: http://inet.detik.com/read/2016/05/12/072749/3208410/319/berbenah- instagram-ganti-logo




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i1.5902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats