AKTIVITAS PERHUMAS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME ANGGOTANYA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Yessica Tiurma Lestari, Yanti Setianti, Centurion Chandratama Priyatna

Abstract


Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak akhir tahun 2015. Dampak pemberlakuan MEA tentu dirasakan oleh profesi Public Relations (PR) di Indonesia. Kualitas profesionalisme sumber daya manusia PR menjadi aspek utama untuk dapat bersaing di era pasar persaingan terbuka ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari para narasumber yang merupakan PR profesional di Indonesia, PR di Indonesia saat ini masih memiliki keterbatasan, diantaranya adalah; bahasa, belum menjadi salah satu profesi yang tergabung dalam Mutual Recognition Agreement (MRA), kurangnya mentalitas untuk go international, dsb. Peran untuk meningkatkan profesionalisme PR di Indonesia secara aktif dilakukan oleh salah satu organisasi profesi PR di Indonesia, yaitu Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas PERHUMAS dalam meningkatkan profesionalisme anggotanya yang terdiri atas aspek skill atau kemampuan, kesadaran kode etik, tanggung jawab profesi, integritas pribadi, jiwa pengabdian, otonomisasi organisasi profesional, dan penerimaan keanggotaan PERHUMAS dalam menghadapi MEA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PERHUMAS Indonesia telah melakukan perannya sesuai dengan fungsinya sebagai organisasi profesi dengan menjalankan sejumlah aktivitas untuk meningkatkan profesionalisme anggotanya yang terdiri dari aspek skill atau kemampuan, kesadaran kode etik, tanggung jawab profesi, integritas pribadi, jiwa pengabdian, otonomisasi organisasi profesional, dan penerimaan keanggotaan PERHUMAS dalam menghadapi era MEA, walaupun dampaknya belum dirasakan secara maksimal dikarenakan kebutuhan industri PR yang beragam.

Kata kunci: Profesionalisme PR, Public Relations, PERHUMAS Indonesia, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Full Text:

PDF

References


ASEAN. (n.d.). Declaration of ASEAN Concord II (Bali Concord II). Jakarta ASEAN Secretariat. Diakses melaluihttp://www.asean.org/news/item/declaration-of-asean-concord-ii-bali-

concord-ii

ASEAN. (n.d.). Cebu Declaration on the Acceleration of the Establishment of an ASEAN Community by 2015. Jakarta: ASEAN Secretariat. diakses melalui http://www.asean.org/news/item/cebu-declaration-on-the-acceleration-of-the- establishment-of-an-asean-community-by-2015

Badan Pusat Statistik. 2014. Diakses melalui https://bps.go.id/Subjek/view/id/28#subjekViewTab3|accordion-daftar- subjek

Budiantoro. 2016. Komunitas Ekonomi ASEAN Menjadi Tantangan bagi PublicRelations. Diakses melalui http://atjehpost.co/berita2/read/Komunitas- Ekonomi-ASEAN-Jadi-Tantangan-Public-Relation-Indonesia-636

Chairil /Yuhardi /Hardyanto/Erwin/ Palma. 2014. Peluang dan Tantangan Indonesia Pada ASEAN Economic Community 2015. Diakses dari http://www.setneg.go.id/index.php?lang=en&option=com_content&task=view &id=7911

Cutlip, Scott. M., A. H. Center, dan G. M. Broom. 2011. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Kementerian Luar Negri Republik Indonesia. 2015. Diakses melalui http://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/asean/Pages/Masyarakat-Ekonomi- ASEAN-(MEA).aspx

Komalasari, Yetty. 2015. Kesiapan Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Jakarta: Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta. PERHUMAS. (n.d.). Sejarah PERHUMAS Indonesia. Diakses melalui http://www.perhumas.or.id/

Romualdus, Sandy. 2016. Tantangan Kita adalah Bahaan Baku SDM. Diakses melalui http://indonesiasatu.co/detail/tantangan-kita-adalah-bahan-baku-sdm




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i1.5905

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JRK, Jurnal Riset Komunikasi is published by Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330, Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id |

 Click to access: Jurnal Riset Komunikasi  

JRK has been indexed at: Google Scholar 

View Stat.