KONSTRUKSI MEDIA TENTANG ASPEK KEMANUSIAAN PADA POLIGAMI (Analisi Isi Terhadap Film Surga Yang Tak Dirindukan)

Nurbayati Nurbayati, Husnan Nurjuman, Sri Mustika

Abstract


Film ”Surga Yang Tak Dirindukan” menampilkan kehidupan rumah tangga yang diwarnai dengan poligami. Setiap pesan dalam film merupakan hasil konstruksi para sineas yang berinterkasi dengan realitas yang mereka temui. Poligami merupakan realitas yang dikonstruksi secara bervareasi di tengah masyarakat,khususnya umat Islam, berdasarkan kesadaran, pengetahuan dan pengalaman mereka masing – masing. Salah satu realitas yang mereka temui adalah pembahasan poligami yang senantiasa terfokus pada aspek fikih dan sering mengabaikan aspek kemanusiaan orang – orang yang terlibat dalam proses poligami. Tulisan ini akan menggambarkan konstruksi realitas sebuah flam tentang poligami pada aspek kemanusiaan, berdasarkan penelitian terhadap film Surga yang tak Dirindukan. Penelitian tersebut didasari prespektif konstruktivisme dengan teori konstruksi realitas media,yang dilaksnakan melaui analisis isi kualititaf terhadap berbagai adegan dan dialog dalam film Surga Yang Tak Dirindukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggambaran poligami dalam film Surga Yang Tak Dirindukan merupakan suatu konstruksi yang dibangun dari interaksi dengan realitas di masyarakat dan pemikiran moderat dalam Islam tentang poligami yang melihat berbagai aspek kemanusiaan pada isu poligami. Penelitian ini menemukan suatu konstruksi tentang poligami pada aspek kemanusiaan dalam tiga hal 1) poligami sebagai upaya menolong kaum lemah. 2) poligami hanya dapat dilaksanakan dengan menerapkan unsur adil. 3) poligami dilaksanakan dengan adanya aspek ikhlas.

Kata Kunci : Poligami, Konstruksi Realitas, Kemanusiaan

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baran J. Stanley dan Davis K. Dennis. (2014). Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future. Teori Komunikasi Massa, Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan, Jakarta: Salemba Humanika.

Berger L. Peter and Luckmann, Thomas. (1966). The Social Construction of Reality A Treatise in the Sociology of Knowledge, New York:Penguin Books.

Berger, Peter L dan Thomas Luckmann. (1990). Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Jakarta : LP3ES.

Bungin, Burhan. (2007). Sosiologi Komunikasi : Teori Paradigma Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana.

Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi & Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter, L.Berger & Thomas Luckmann, Jakarta: Kencana.

Croteau, David dan William Hoynes. (2000). Media/Society, Industries, Images and Audiences, London: Sage

Haikal, Abduttawab. (1993). Rahasia perkawinan Rasulullah SAW. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Husein, Abdurrahman. (2007). Hitam Putih Poligami. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Makmun, Rodli. (2009). Poligami dalam tafsir Muhammad Syahrur. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Mubarak, Saiful Islam. (2003), Poligami Yang Didambakan Wanita. Bandung: PT Syaamil Cipta Media.

Mulia. (1999). Pandangan Islam Tentang Poligami. Jakarta: Lembaga Kajian dan Jender.

Nadia, Asma. (2014). Surga yang Tak Dirindukan. Depok: Asma Nadia Publishing House.

Sayyid As. ‘Abd al- ‘Aziz as-Sa’daniy. (2009). Istriku Mengawinkanku dengan Istri Baru. Solo: Rahma Media Pustaka.

Poloma, Margareth M. (2010). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v8i2.6021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats