PENGARUH NONBINDING BUDGETARY ANNOUNCEMENT, REPUTASI, ETIKA DAN SELF-ESTEEM PADA BUDGETARY SLACK

Anna Sutrisna, Dedy Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh nonbinding budgetary announcement (NBA), reputasi, etika dan self-esteem terhadap budgetary slack agar hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengendalikan slack dalam anggaran dan dapat digeneralisasi sehingga dapat digunakan dalam ilmu pengetahuan khususnya ilmu akuntansi mengenai terjadinya slack dalam sebuah perusahaan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang masing-masing variabel dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang telah dirancang oleh peneliti. Untuk mengetahui nonbinding budgetary announcement dilakukan dengan enam tahapan. Sedangkan untuk mengetahui reputasi,etika, dan self-esteem eksperimen ini dibagi menjadi tujuh tahap. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar sebanyak 46 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis pertama, nonbinding budgetary announcement berpengaruh secara negatif terhadap budgetary slack. Hipotesis kedua, reputasi berpengaruh terhadap budgetary slack. Hipotesis ketiga, etika berpengaruh terhadap budgetary slack. Hipotesis keempat, self-esteem berpengaruh negatif terhadap budgetary slack. Ini berarti seluruh hipotesis penelitian ini diterima.


Full Text:

PDF

References


Anthony, Robert N, dan Vijay Govindarajan,2007, Managemet Control System, New York: McGraw-Hill

Antle, Rick dan Jhon Fellingham,1997, Models of Capital Investement With Private Information and Incentives: A Selective Reviem, Journal Of Business Finance & Accounting 24 (7)& (8) pp 887-888

Belkoui,Ahmed,1989, “Slack Budgeting, Information Distortion and Self-Esteem” Contemporary Accounting Research, Vol 2, pp 111-113

Brons,Jr dan Coster,D.T,1969, “Accounting and Its Behavioral Implication” Mc.Grow Hill-Book Company.

Brownell, Peter dan Mc,Innes, 1986, “Budgetary Partisipation, Motivation and Managerial Performance”, The Accounting Review, Vol LXI, No.4 October

Brownell, Peter, 1982, “A Field Study Examination of BudgetaryParticipation and Locus of Control”, Accounting Review, Vol LVII,No.4, Oktober

Douglas, Patricia Casey, dan Benson Wier, 2005, Cultural and Ethical Effects in Budgeting Systems: A Comparison of U.S and Chinese Managers, Journal of Business Ethics, Vol.60 pp.159-174.

Dunk, Alan S., 1993, The Effect of Budget Emphasis and Information Asymmetry on the Relation Between Budgetary Participation and Slack, the Accounting Review, Vol. 68 No. 2 pp.400-410.

Fitriyani, Dewi, 2008, Pengaruh Nonbinding Budgetary Announcement Terhadap Slack Dalam Anggaran Modal, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Tesis

Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen, 2007, Managerial Accounting 8th Edition, Singapura: Thomson South Western.

Komalasari, Rizal dan Nashih, 2003. “Pengaruh Negosiasi dan Asimetri Terhadap Budget Outcome: Sebuah Eksperimen, Proceeding Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober

Nugrahani, Tri Tiwi, 2004, Pengaruh Reputasi, Etika Dan Self- Esteem Pada Budgetary Slack, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Tesis

Onsi, Mohamed, 1973, “Factor Analysis of Behavioral Variables Affecting Budgeting Slack” the Accounting Review Vol 48 No.3 pp.535-548.

Steven, D.E, 2002, “ The Effects Of Reputation And Ethics On Budgetary Slack” Journal of Management Accounting Research. Vol 14, pp 1




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v11i1.4142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats