ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR)

Purnama Siddi, Fithri Setya Marwati, Yuli Chomsatu Samrotun

Abstract


Pelakasanaan CSR dalam konteks islam, terlihat dalam Islamic Social Reporting atau ISR.Akan tetapi pelaporan Islamic Social Reporting (ISR) dalam praktek dan pengungkapannya masih bersifat voluntary.Hal inidisebabkan tidak adanya standart baku secara syariah yang mengatur tentang pelaporan CSR syariah.  Standar tentang pengungkapan CSR syariah yang dikeluarkan oleh Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution (AAOIFI) tidak dapat dijadikan sebagai standar pengungkapan CSR karena tidak menyebutkankan keseluruhan item-item terkait CSR yang harus diungkapkan suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi (Anteseden)  dan Faktor-faktor yang dipengaruhi (Konsekuensi) pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)tahun 2014-2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi (anteseden) digunakan dalam penelitian ini, antara lain: ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kinerja lingkungan.. Sedangkan variabelyang dipengaruhi ISR(konsekuensi)adalah kinerja keuangan.Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun2014-2016, dengan tekhnik pengambilan sampel mengggunakan purposive sampling.  Alat analisis menggunakan regresi linear berganda, yang sebelumnya akan dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi: uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap Pengungkapan ISR dan Pengungkapan ISR berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Profitabilitas berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel antecedent pengungkapan ISR hanya ukuran perusahaan dan variabel konsekuensinya adalah Nilai perusahaan.

Keywords


Anteseden; Konsekuensi; Islamic Social Reporting

Full Text:

PDF

References


Brigham, EF and LC Gapenski. 2006. “Fundamental of Financial Management”. Jakarta: Salemba Empat

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis.,2011, Teori Akuntansi, Edisi ke 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi S1 Ekonomi Universitas Diponegoro.

Maulida, Aldehita P., dkk., 2014, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Simposium Nasional Akuntansi 17.

Martini, Ni Nyoman Putu. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Manufaktur Di Indonesia”. Laporan Peneltian.Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang

Qomariah, Nurul. 2015. “The Effect Of Corporate Social Responsibility, Size And Profitability Toward On The Value Of Corporate (Studies in Manufacturing Companies Listed in Indonesia Stock Exchange)”. IOSR Journal Of Management and Bussiness. Februari 2015

Raditya, Amalia Nurul., 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES), Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sembiring, 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Paper Presented at the Seminar Nasional Akuntansi, Solo

Widiawati, Septi dan Raharja, Surya., 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Indeks Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011, DiponegoroJournal Of Accounting Volume 1, Nomor 2




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v14i1.5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats