MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KREATIVITAS DI SEKOLAH DASAR

Teti Suherawati, Asnawi Syarbini, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik dan kreativitas siswa . Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN Kedaleman 1 berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) diagnostik model Kemmis dan Mc Taggar sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen menggunakan observasi, angket dan tes. Penelitian menggunakan mixed menthod  analisis. Data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Target pada penelitian ini adalah adanya peningkatan pada pembelajaran terpadu IPA dan kreativitas siswa oleh 40% siswa pada siklus 1,60% pada siklus 2 dan 80 % pada siklus 3.Kemampuan kreativitas siswa dianalisis berdasarkan hasil tes menggunakan lembar instrumen . Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu di kelas VB SDN Kedaleman 1. Interaksi siswa terjadi di kelas dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, mengomunikasikan hasil diskusi kelompok . Siswa mampu melaksankan kegiatan presentasi hasil pengamatan di depan kelas . Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan efektivitas pendekatan saintifik dari siklus 1 sebesar 62 %,  siklus 2 sebesar 77 %, dan siklus 3 sebesar 87 ,6 %. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas siswa dari siklus 1 sebesar 63 %, siklus 2 sebesar 75 % dan siklus 3 sebesar 81%.   Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan evaluasi pembelajaran terpadu IPA dari siklus 1 sebesar 64 %, siklus 2 sebesar 74,7 % dan siklus 3 sebesar 82 %. Guru dapat menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran terpadu IPA dan pembelajaran lainnya di kelas. Pendekatan saintifik bisa di terapkan di kelas yang menggunakan kurikulum KTSP .

 

Kata kunci : Pembelajaran terpadu IPA, pendekatan saintifik, Kreativitas, siswa kelas V Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, M. Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008.”Penelitian Tindakan Kelas”. Edisi keenam, Jakarta, Bumi Aksara

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Indrawati. 2010 . Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar . Jakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( PPPPTK IPA ). Jakarta Puskur Balitbang Depdiknas.

Joyce, Bruce, Marsha Well, Emily Calhoun, 2011, ajaran“Model-model Peng ( Models of Teaching )”. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Atellia Mirza. Jogyakarta, Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul .2013. Strategi Pembelajaran.Bandung, Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2012 . Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat . cetakan ketiga . Jakarta . Rineka Cipta

Pengembang PGSD. 2012 . Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S2 Pendidikan Dasar. Jakarta . Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Prastowo Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritik dan Praktik. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Rusman.2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, edisi kedua, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sani, Ridwan . 2014 . Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum . Jakarta . Bumi Aksara .

Sani, Abdullah Ridwan. 2013 . Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Saptorini Dhiah, Wahyudi. 2014. Buku Tematik Lingkungan dan Sahabat Kita SD Kelas V. Bogo: Quadra Inti Solusi.

Sugiyono.2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Suryana Yusep. 2013 . Pengembangan Kurikulum dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan dan Kurikulum 2013. PGRI Provinsi Banten .

Suryosubroto. B . 2009 . Proses Belajar Mengajar di Sekolah . Jakarta . Rineka Cipta.

Taniredja, Tukiran. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Afabeta.

Tim Bina Karya Guru. 2011. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD kls V. Sidoarjo. Masmedia.

Wisudawati Asih, sulistyowati, Eka . 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta . Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.