ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA BERDASARKAN STATUS SEKOLAH (NEGERI DAN SWASTA) DAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SMP/MTs KOTA TANGERANG

Rahmawati Intan Sopiany, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Yani Setiani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa status sekolah merupakan sebuah hal yang harus dipertimbangkan pada saat pendaftaran sekolah hal, sehingga dibutuhkan informasi yang sesuai dengan fakta sebenarnya agar masyarakat dapat mengetahui dan mempertimbangkan pengaruh dari status sekolah juga aspek lain seperti kompetensi guru yang mengajar di sekolah tersebut. Untuk mengetahui informasi tersebut peneliti melakukan penelitian menggunakan sampel besar yang mewakili siswa kelas IX yang mengikuti ujian nasional tahun 2017/2018 di Kota dan menggunakan metode survei. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengetahui Self-Asessment kompetensi guru dan pengambilan data hasil ujian nasional matematika tahun 2017/2018. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh status sekolah terhadap hasil ujian nasional matematika dan terdapat pengaruh tingkat Self-Asessment kompetensi guru terhadap hasil ujian nasional matematika.

Full Text:

PDF

References


Huzaima, Iriana, P., & Hafid, R. (2008). Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Maata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, 1–12.

Ismah, & Sundi, V. H. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Labschool FIP UMJ. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4, 161–169.

Pratama Didik, L. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Pengadaan Peralatan Kantor Kelas X. Universitas Negeri Semarang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (5th ed.). Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika