KARAKTERISTIK MOTIVASI EKSTRINSIK DAN INTRINSIK SISWA SMP DALAM BELAJAR MATEMATIKA

Vidiya Risna Dewi, Syamsuri Syamsuri, Etika Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika, yang dilaksanakan di SMPN 8 Kota Serang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif  kualitatif . Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 guru dan siswa kelas VII dan kelas VIII di SMPN 8 Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  dengan menggunakan teknik  observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi metode. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan, reduksi,  penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian  ini adalah berupa paparan data dan pembahasan dimana terdapat 4 tipe karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika yang terdiri dari: 1) tipe motivasi positif yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik dan intrinsik yang baik, 2) tipe motivasi positif Intrinsik yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik kurang baik dan motivasi intrinsik yang baik, 3) tipe motivasi Positif Ekstrinsik yang siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik yang baik dan motivasi intrinsik yang kurang baik, dan 4) tipe motivasi negatif yakni siswa yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik dan intrinsik yang kurang baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika