PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH

Yudha Pradana

Abstract


Pendidikan memiliki peranan penting dalam pengembangan karakter seseorang. Pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai kehidupan dikembangkan lewat berbagai saluran pendidikan, tidak hanya melalui proses pembelajaran formal. Salah satu wujud pengembangan karakter adalah melalui budaya sekolah. Siswa sebagai warganegara harus dikembangkan karakternya. Budaya sekolah dapat diartikan sebagai program kegiatan sekolah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada siswa maupun anggota sekolah lainnya. Rumusan penelitian ini adalah “bagaimana pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah?”, dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Amaliah Ciawi Bogor. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa budaya sekolah yang dilakukan di SD Amaliah Ciawi Bogor ini meliputi budaya harian, budaya mingguan, dan budaya tahunan. Karakter yang dikembangkan adalah karakter disiplin, religius, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan peduli sosial

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budimansyah, D. 2009. Membangun Karakter Bangsa di Tengah Arus Globalisasi dan Gerakan Demokratisasi: Reposisi Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Pidato Pengukuhan Guru Besar UPI. Bandung : tidak diterbitkan.

Cresswell, J. 2003. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Langgulung, H. 2007. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nasution, S. 2008. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Oxford Advanced Learner's Dictionary Of Current English. 2010. Oxford: Oxford University Press

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Tilaar, H.A.R. 2000. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wagner, C. R. (2004). Leadership for an Improved School Culture. How to Assess and Improve the Culture of Your Culture. Kentucki: Kentucki School Leader (online). Diakses pada tanggal 2 Januari 2016 dari http://www.schoolculture.net/ kyschoolleaderfall04.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats