PENGARUH CIVIC LITERACY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK SISWA

Ikman Nur Rahman

Abstract


Partisipasi politik yang aktif dari semua aggota masyarakat merupakan ciri dari keberhasilan cita-cita demokrasi. Dengan demikian diperlukan warga negara yang ideal demokratis yang seyogyanya tampil sebagai “Informed and Reasoned Decission Maker atau pengambil keputusan yang cerdas dan bernalar untuk mewujudkan cita-cita tesebut. Kemelekwacanaan warga negara (civic literacy) diartikan sebagai kapasitas pengetahuan dan kemampuan warga untuk memahami dunia politik mereka, dengan pengetahuan yang menjadi dasar partisipasi politiknya diharapkan mampu menambah efikasinya. Sedangkan keterampilan partisipatori kemampuan seseorang berpartisipasi dalam berbagai pembuatan kebijakan publik. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki diharapkan warga negara dapat berpartisipasi secara cerdas dan penuh tanggung jawab, serta terampil dalam melakukan tindakan yang terarah dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Almond, Gabriel A., Verba, Sidney.(1984). Budaya Politik (Judul Asli : The Civic Culture), Diterjemahkan Oleh Sahat Simamora. Jakarta : Bina Aksara

Al Muchtar, S. (2001) Pendidikan dan Masalah Sosial Budaya. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Aryani & Susatim. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis

Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia

Brownhill, Robert and Patricia Smart (1989). Political Education. London and New York: Routledge

Budiardjo Miriam (1982) Partisipasi dan Partai Politik Jakarta : Gramedia

Budimansyah, Dasim dan Syam, Syaifullah (Ed). (2006). Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan: Bandung

Huntington. P. Samuel dan Nelson, Joan. M. (1994). Partisipasi Politik di Negara Berkembang. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartono, kartini. (1989). Pendidikan Politik Sebagai Bagian Pendidikan Orang Maju. Bandung: Mandar Maju

Milner, Henry (2002) Civic Literacy (How Informed Citizens Make Democracy Work. Universityy Press of New England. United States of America.

Winataputra. U. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan demokrasi. Disertasi Doktor pada Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats