GURU MASA KLASIK

Wardatul Ilmiah

Abstract


sejarah, dan peranannya di masyarakat.  Dalam UU SISDIKNAS, pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Masih dalam UU Sisdiknas No 29 tahun 2003, di jelaskan bahwa pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyasuara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Kompetensi guru yang dikenal dengan empat kompetensi utama, yakni paedagogik, professional, sosial dan kepribadian ternyata jauh-jauh hari hal tersebut telah dikemukakan oleh imam abu hanifah, ibnu sina dan ibnu masykawih. Guru masa klasik memiliki pranata sosial yang tinggi, ada hal menarik ciri utama guru pada masa ini adalah pentingnya peranan individu guru, karena guru yang alim dan terkenal lebih dominan dari pada lembaga pendidikan yang formal. Guru yang semacam ini banyak menarik perhatian masyarakat setempat, bahkan masyarakat yang jauh pun senantiasa datang untuk duduk mendengarkan ilmu yang disampaikan oleh guru-guru tersebut. Terlebih guru yang telah memperlajari hadits dan membangun sistim teologi serta hukum yang berlaku dikalangan mereka

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, Imam, Ihya ‘Ulumuddin, (CV Bintang Pelajar, Tanpa Tahun dan Tanpa Tempat Terbit).

‘As’ad, Aliy, Ta’limul Muta’allim (Terj), Kudus : Menara Kudus, 2007.

Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Ciputat : Logos, Cet Pertama, 1999.

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, Undang-Undang dan Peraturan Pemerinth Republik Indonesia Tentang Pendidikan, 2006.

http://cecepassaadatain.wordpress.com/2011/01/27/guru-zaman-islam-klasik/, Cecep Cahyadi, Guru di Zaman Islam Klasik.

http://www.scribd.com/doc/23430579/Metode-Pendidikan-Islam-Klasik, Khairuddin YM, Metode Pendidikan Islam Klasik.

http:// latenrilawa transendent. blogspot.com/2009/06/sejarah-khilafah-fatimiyah-mesir. html, Abu Muslim, Khilafah Fatimiyah di Mesir (Pembentukan, Kemajuan dan Kemunduran).

http://smpnabawi.wordpress.com/2008/11/21/mengintip-pelaksanaan-pendidkan dunia-islam-di-masa-klasik/, Ust. Deskof Zakaria/Abul Fatih Zakaria, Mengintip Pelaksanaan Pendidkan Dunia Islam di Masa Klasik.

http://mazguru.wordpress.com/2009/03/30/madrasah-nizamiyah-sejarah-dan-perkembangannya/ Muhammad Imron, Madrasah Nizamiyah, Sejarah dan Perkembangannya.

M. Echols, John, dan Hasan Sadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta : Gramedia, Cet Ke XXIV, 2000.

Nata, Abudin, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Poerdarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, Cet Ke 12, 1991.

Roqib, Moh, Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integrative di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta : LKIS, 2009.

Salabi, Ahmad, Sedjarah Pendidikan Islam (Terj), Jakarta : Bulan Bintang, 1973.

Suwito dan fuzan, Sejarah Social Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana cet ke 2, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.