IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BUDAYA BANGSA

Febrian Alwan Bahrudin, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil penelitian tentang implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa, yang dilaksanakan di SMA Negeri 15 Pandeglang Banten. Masalah pokok penelitian yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa siswa di sekolah, nilai-nilai budaya bangsa sangatlah penting sebagai cerminan identitas masyarakat suatu bangsa dan hal ini pula yang harus diterapkan di sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan tentatang nilai-nilai budaya bangsa terhadap generasi penerus bangsa yaitu siswa, siswa harus dapat mengetahui dan memahami tentang budaya bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian dari siswa yang baik ataupun warga negara yang baik, hal ini mendasari peran sekolah sebagai tempat mendidik siswa sebagai generasi muda penerus bangsa yang mengajarkan dan mendidik pentingnya nilai-nilai karakter bangsa, karena apabila nilai-nilai karakter budaya bangsa tidak diterapkan akan memiliki dampak negatif terhadap bangsa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa yang diterapkan di SMA Negeri 15 Pandeglang Banten sudah berjalan cukup bagus, hal ini tidak terlepas dari peran sekolah untuk berusaha selalu menerapkan nilai-nilai karakter budaya bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai cerminan warga negara yang baik, dalam penerapannya di sekolah implemnetsi nilai-nilai karakter budaya bangsa yang dilakukan di dalam kelas melalui pembelajaran dan di sekolah melalui budaya atau atauran-atauran yang mencerminkan nilai-nilai karakter budaya bangsa, dalam proses pembelajaran sebagai bentuk implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa guru dalam setiap kegiatan pembelajaran berusaha mengaitkan untuk mengajarkan dan mendidik siswa tentang nilai-nilai karakter budaya bangsa, dan selain di dalam kelas siswa juga diajarkan dan dididik melalui kegiatan di luar kelas dalam hal ini yaitu di lingkungan sekolah dengan menerapkan budaya akademik yang baik dan aturan aturan atau tata tertib sekolah selain itu juga guru berusaha selalu menampilkan pribadi yang baik sebagai contoh (role model) untuk siswa di sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta: Rineka Cipta

Budimansyah, Dasim. (2010). Penguatan pendidikan kewarganegraan untuk membangun karakter bangsa. Bandung. : Widya Aksara Press

Budiningsih, C, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajran. Jakarta : Rineka Cipta

Cresswell, J, W. (2010). Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Thousand Oaks California. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. (2010). Panduan Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Mapel, PKn. Jakarta : Depdiknas

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta

Gordon, Thomas. (1996). Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kementrian Pendidikan Nasional (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta : Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Robert K. Yin, (1995). Studi Kasus Desain & Metode, Raja Grafindo Jakarta.

Usman, Moh, Uzer. (1985). Menjadi guru profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats