PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KOMPETENSI WARGA NEGARA MAHASISWA FKIP UNTIRTA

Reza Mauldy Raharja, Wika Hardika Legiani, Dinar Sugiana Fitrayadi, Ria Yuni Lestari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peran pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan terhadap konmpetensi warga negara mahasiiswa FKIP Untirta. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan terhadap konmpetensi warga negara mahasiswa FKIP Untirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dengan teknik sampel di delapan belas jurusan FKIP  dan pemberian angket. Temuan penelitian bahwa pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan sakat berperan bagus dalam menumbukan kompetensi warganegara mahasisiwa FKIP

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1987). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Branson. M.S, (1999). Belajar Civic education dari Amerika. Yogyakarta: Kerjasama LKIS dan The Asian Foundation.

Budimansyah, Dasim dan Syam, Syaifullah (Ed). (2006). Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan: Bandung

Budimansyah, Dasim dan Suryadi Karim. (2008). PKN dan Masyarakat Multikultur. Bandung: Sekolah PAscasarjana Progran Studi Pendidikan Kewarganegaraaan

Budimansyah, Dasim (2008a). Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic Education Di Negara Berkembang. Jurnal Akta Civicus

Budimansyah, Dasim (2008a). Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan. Jurnal Akta Civicus

Djahiri, Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT & Games Dalam VCT. Bandung: Jurusan PMPKN FPIPS UPI.

Djahiri, Kosasih. (2006). Esensi Pendidikan Nilai Moral dan PKn di Era Globalisasi. Bandung: Jurusan PMPKN FPIPS UPI.

Djahiri, Kosasih. (1996). Landasan Operasional Kurikulum PKn 1994. Bandung: : Jurusan PMPKN FPIPS UPI.

Djamarah, S.B dan Zain, A. (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi. S. (2004). Statistik. Yogyakarta : Andi

Kalijernih. F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung : Widya Aksara Press.

Kerlinger. F.N (2000). Asas-Asas Penelitian Behavioral. Penterjemah Landung. R. Simatupang. Yogyakarta: Universitas Gajahmada Pers

Millan. J.H dan Scumacher. S. Research In Education: A Conceptual Introduction. New York: Longman

Mohammad, Ali (1987). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Bandung : Angkasa

Nazir, Mohammad. (2005). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Prabawati, Ari. (2010) Mengolah data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi Offset.

Quigley, C.N., Buchanan, Jr. H., Bachmuller, C.F (1991) Civitas : A Framework for Civic Education, Calabasas : Center for Civic Education.

Sapriya & Winataputra (2003). Pendidikan Kewarganegaraan Model Pengembangan Materi Dan Pembelajaran. UPI-Bandung : Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan

Somantri. M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Somantri, Nu’man. (1976). Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2007) Statistika Untik Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bndung : Alfabeta

Sukardi. (2004). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta : Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Abdul Azis. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. UPI Press SPS UPI. Bandung 2008

Wahab, Aziz. (2006). “Pengembangan Konsep dan Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan Baru Indonesia Demi Terbinanya Warga Negara Multidimensional Indonesia” dalam Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan: Bandung

Winataputra. U. S dan Budimansyah. D. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan,Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Prdi PKn SPs UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.