PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANGGAI SELATAN KECAMATAN BANGGAI SELATAN KABUPATEN BANGGAI LAUT

Abdul Rahman

Abstract


Pencapaian pendidikan tergantung pada berbagai mekanisme yang mempengaruhi proses belajar mengajar, di antaranya kompetensi pedagogik. Kendala yang dihadapi guru dalam mengikuti pengembangan kompetensipedagogik yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal guru. Faktor-faktor internaltersebut adalah manajemen diri yang terdiri dari kontrol emosional, sadar posisi dantugas serta manajemen waktu . Faktor-faktor eksternal yaitu birokrasi lembaga,perubahan teknologi dan sosial,serta jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PKn di Kota Serang sudah baik, dan masih terdapat kendala dalam proses pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn di Kota Serang. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan: (1) untuk guru selalu menambah inovasi- inovasi dalam pembelajaran dengan selalu mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik (2) untuk Dinas Pendidikan Kota Serang agar turut andil dalam mengurangi kendala- kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik.

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata. (2001). Persepektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Afian Bayu Bekti, (2012) Kecerdasan Moral dan Spritual Dalam Islam (Online) dalam http://arfianbayu.blogspot.co.id/2012/11/ diakses 28 Januari 2016.

Ahmad Tafsir. (2004). Ilmu Penddidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja.

Andi Prastowo.2012.Metode Penelitian Kualitatifdalam Perspektif Rancangan. Yogyakarta: Diva Press

Andriani Purwastuti. dkk. (2002). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY press.

Anonim. (2007). Undang- Undang Sisisdiknas Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Merah Putih.

Arikunto, (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta : Penerbit Pustaka Sinar Harapan

Hasan, M. Iqbal,(2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia. Indonesia.

http://akhmadsudrajat.wordpress.comdiakses 24 januari 2016.

http://syahril-psi.blogspot.com/2010/05/perkembangan-kecerdasan-moral.html.

John M. Echols dan Hasan Shadily. (2001) Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Moleong, Lexy. (2009). Metodelogi Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Rosda Karya

Moles, Joan Gaustad. (2010). Disiplin Sekolah, http//www.integral.sch. Diakses 16 Januari 2016

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Muhaimin. (2003). Wacana pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Pelajar,

Nasution, Mulia. (1994). Manajemen Personalia. Jakarta : Djambatan.

Nazar, F. (2001). Moral judgement of preschool children of the state of Kuwait. International Education Journal.

Polak, (1977). Sosiologi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta: Ikhtiar Baru.

P. Joko Subagyo, (2007). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Rachman, Maman. (1999). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

www.smppgricimanggisdepok.com, Diakses tanggal 12 Januari 2016

Yuli Kurniawati, S,P (2011) Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. (Onlien) dalam file:///C:/Users/User/Downloads/962-1731-1-PB.pdf diakses 28 Januari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.