PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA

Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkann pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan agar mampu memecahkan masalah-masalah kewarganegaraan. Adapun model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pengertahuan kewarganegaraan.  Pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa dengan menggunakanmodel pembelajaran berbasis masalah mengalami kenaikan setiap siklusnya.Pada Pra Siklus rata-rata pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa yaitu 65,95%. Pada siklus I pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa rata-rata 71,47% dan siklus II pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa mencapai rata-rata 80,89 %

Full Text:

PDF

References


Dwijananti, P dan Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 108-114.

.Burns, A. 2010, Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Practitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Gregory, S. C. H. 2013. The Importance Of action Research In teacher Education Program, Journal Issues In Educational Research.Volume 23 Number 2,p.

Komalasari, K. 2011. Kontribusi Pembelajaran Kontektual Untuk Pengembagnan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan Volume XXVII No.1 hal 47-55.

Raharja, dkk. 2017. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa FKIP Untirta. Ucej. Untirta Civic Education Journal. Volume 2 No. 1 hal 199-213

Rohani, 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi Bervariasi, Ucej: Untirta Civic Education Journal Volume 1 No. 2 hal. 112-222.

Rohani dan Samsiar. 2017. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7, No. 1 2017.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo

Zuldafrial, 2012, Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.