PEMBENTUKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI MELALUI KEGIATAN ORGANISASI DI SEKOLAH

Ibrahim Hamdi, Denny Soetrisnaadisendjaja, Ria Yuni Lestari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang 1) pembentukan nilai – nilai demokrasi dalam kegiatan osis. 2) kegiatan yang mendukung pembentukan nilai – nilai demokrasi, dan  3) Faktor pendukung serta penghambat  dalam membentukan nilai – nilai demokrasi di SMPN 1 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai demokrasi dapat di bentuk melalui kegiatan OSIS (Organisasi Intra Sekolah) adapun nilai – nilai demokrasi yang berusaha di bentuk melalui kegiatan OSIS di SMPN 1 Pandeglang meliputi toleransi kebebasan berpendapat, menghormati perbedaan pendapat, memahami keanekaragaman, percaya diri, tidak ketergantungan terhadap oranglain, kegiatan yang dapat membentuk nilai-nilai demokrasi diantaranya yaitu melalui kegiatan rapat pengurus melalui kegiatan rapat peserta didik atau pengurus OSIS mampu membentuk kebebasan menyatakan pendapat,menghormati perbedaan pendapat, pemilihan ketua OSIS dapat membentuk kebebasan menyatakan pilihan atau pendapat, kepercayaan diri, memghormati orang lain, dan musyawarh besar dapat membentuk kebebasan menyatakan pendapat, menghormati perbedaan pendapat, faktor pendukung dalam pembentukan nilai – nilai demokrasi di SMPN 1 Pandeglang ialah pihak sekolah dan guru. Sedangkan faktor penghambat nya ialah faktor internal dan faktor eksternal, dalam faktor internal berkaitan dengan dana yang kurang menunjang untuk kegiatan – kegiatan, dan faktor eksternalnya ialah kurangnya dukungan dari orangtua kepada peserta didik dalam kegiatan OSIS

Full Text:

PDF

References


Rajafi Ahmad. 2018. Khazanah Islam, Perjumpaan Kajian dengan Ilmu Sosial. Yogyakarta : CV Budi Utama

Rivai Veithzal, Mulyadi Deddy. 2012. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.

Shaleh Muwafik. 2016. Komunikasi dalam Kepeminpinan Organisasi. Brawijaya : Universitas Brawijaya Press

Sugiono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Taniredja Tukiran. 2015. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraaan. Yogyakarta : Ombak.

Winataputra Udin S, Budimansyah. 2007. Civic Education (Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas). Program Studi PPKn : UPI Bandung

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, isi, Strategi, dan Penilian. Jakarta : Bumi Aksara.

Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta. Ombak (Anggota IKAPI)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats