PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMK NEGERI 10 BANDUNG

Taufik Rohman

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum dan pembelajaran PKn berbasis kearifan lokal. Sementara itu, tujuan khususnya untuk mengetahui: 1) Model kurikulum dan pembelajarann pkn yang dilakukan oleh guru dengan perspektif kajian akademik, 2) Strategi pengembangan kurikulum pembelajaran pkn berbasis kearifan lokal di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode etnopedagogik. Secara umum kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan kurikulum dan pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal di SMKN 10 Bandung merupakan intergrasi dari nilai-nilai budaya Sunda yang diarahkan menjadi warga negara Indonesia yang baik. Titik temu antara pembejalaran PPKn dan seni budaya kearifan lokal yakni PPKn menguatkan nilai etika dan seni budaya sebagai pengembangan nilai estetika. Sementara itu, secara kesimpulan khusus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 2) Model kurikulum dan pembelajaran PPKn yang dilakukan oleh guru dengan perspektif kajian akademik kurikulum dan pembelajaran PPKn di SMKN 10 Kota Bandung didesain dengan mengembangkan nilai-nilai seni, kultur kelas sebagai bahan dalam mengarahkan siswa untuk cinta tanah air. Kebudayaan Sunda baik yang berupa seni pertunjukan maupun nilai-nilai yang berupa lisan dan sikap seperti “budaya Punten” orang Sunda dijadikan sebagai penguatan karakter pembentukan warga negara. 2) Strategi pengembangan kurikuulm pembelajaran PPKn yang berbasis kearifan lokal dilakukan melalui keuletan serta kreativitas guru. Banyak seni tradisi yang berupa pertunjukan yang sejalan dengan tujuan PKn, seperti gotong royong dalam memainkan gamelan, disiplin dalam pencak silat, atau pemahan sosial politik dalam seni dalang yang dapat membentuk siswa yang kritis dan peka terhadap kehidupan bangsa dan negara.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ardianto, E. (2011). Filsafat Kearifan Lokal Etnik Sunda Dan Ilmu Pengetahuan Barat. (pp. 285-299). Bandung: Fikom Unpad.

Apriliyanti, S. I. (2016). Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membangun Cultural Identity Peserta Didik (Studi Kasus Smp Negeri I Mundu). Repository.Upi.Edu, 1-2.

Hermawan, I. (2012, April ). Kearifan Lokal Sunda Dalam Pendidikan Local Wisdom Of Sundanese In Education. Widyariset, Vol. 15 No.1, 29-7.

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 2, 48-58.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Apilkasi. (N. F. Atif, Ed.) Bandung: PR Refika Aditama.

Komara, E. (2014, Januari 16). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Retrieved Juli 29, 2016, from ndangkomarasblog.blogspot.com: http://endangkomarasblog.blogspot.com/2014/01/pembelajaran-berbasis-kearifan-lokal.html

Nisa, K., Mansyur, Y., & Rifai, R. (2016). Pengembangan Model Bahan Ajar Berdimensi Karakter Lokal Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Di Sd. Sekolah Dasar,, 25 Nomor 1, 37-46.

Rogers, M. Evertt. 1962. Diffusion of Innovations. New York: Free Press.

Rosidi, Ajip. (2011). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama

Sayektiningsih, Bambang Sumardjoko, & Achmad Muhibin. (2017, Juli). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaranendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraandi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 12, No. 2, 228-238.

Shufa, N. K. (2018, Februari). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar:Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 Nomor 1, 48-53.

Sudira, P. (2012, Juni). Mk Kearifan Lokal Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, Juni 2012, Vol 2, Nomor 2, 250-266.

Sudrajat, A. (2017). Peranan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penilaian Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 Di Smk Ma’arif 1 Wates Kabupaten Kulon Progo. Urnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum , 300-315.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J. (2015). Sunda Pola Rasionalitas Budaya. Bandung: Kelir.

Yunus, R. (2014). Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Penelitian Studi Kasus Budaya Huyula Di Kota Gorontalo. Yogyakarta: deepublish.

Wuri Wuryandani. (2009). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i2.7179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats