PENYUSUNAN ASESSMEN DAN HASIL UJI COBA ASESMEN MOTORIK HALUS UNTUK KESIAPAN MENULIS PERMULAAN DAN PRE-REQUISITNYA

Sistriadini Alamsyah Sidik, Reza Febri Abadi, Emay Mastiani, Anisyah Dewi Syahfitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya suatu asessmen yang dapat mengukur perkembangan motorik halus untuk kesiapan menulis permulaan seorang anak. Asessmen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah proses sistematis dalam mengumpulkan data dan informasi tentang perkembangan motorik halus dalam kesiapan menulis permulaan yang sudah dimiliki siswa, hambatan atau kesulitan yang dialami, dan kebutuhan belajar yang dihadapi saat ini secara individual. Dalam melakukan asesmen ini, terlebih dahulu peneliti merancang sebuah instrumen asesmen dengan mengembangkan poin-poin  yang telah ada untuk aspek motorik halus untuk kesiapan menulis permulaan yang selanjutnya dijadikan acuan dalam pelaksanaan asesmen. Tujuan dari penelitian asessmen ini yaitu sebagai panduan untuk membantu guru, praktisi pendidikan, siswa maupun orang tua dalam menemukan kemampuan motorik halus yang telah dimiliki siswa, menemukan hambatan dan faktor penyebab siswa  belum dapat menulis, serta membantu guru maupun praktisi pendidikan dalam menemukan informasi berharga untuk keperluan membuat program pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba di TK Mustika Lembang, diketahui terdapat dua orang anak yang mengalami hambatan dalam menulis permulaan. Hasil dari uji coba ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pihak guru dan sekolah dalam menyusun suatu program pembelajaran bagi anak.

 

Kata Kunci : Asessmen, Motorik Halus, Kesiapan Menulis Permulaan

 


Full Text:

PDF

References


CRI Team, Pembelajaran Berpusat pada Anak, Washington: CRI

Gerald Wallace, James A. McLoughlin. (tahun). Learning disabilities: concepts and characteristicsEdisi3, direvisiPenerbitMerrill Pub. Co., 1988ISBN0675208289, 9780675208284

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga Press

Lerner, janet, W (1988). Learning disabilities : Theories, Diagnosis and teaching

strategies.New Jersey: Houghton Mifflin Company.

Mulliken, R. K., & Buckley, J. J. (1983). Assessment of multihandicapped and developmentally disabled children. Rockville, MD: Aspen,

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Setia, Endang, dkk.( 2011). Assesment motorik halus untuk perkembangan Kemampuan pra menulis dan kemandirian anak Prasekolah (usia 4-6 tahun). Makalah. UPI: Tidak diterbitkan.

Soendari, Tjutju. (..). Asesmen Menulis Permulaan. Makalah. UPI. Tidak diterbitkan.

Wordpress.com/2012/01/27/deteksi dan intervensi dini

Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung. PT

Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats