PENGARUH METODE TASMI’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK AL QURAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB-D YPAC BANDUNG

Sufi Ainun Farhah

Sari


ABSTRAK

Subjek GAG merupakan anakcerebral palsyparaplegi dengan hambatan kecerdasan ringan. Hambatan ini mengakibatkan kemampuan memori jangka pendeknya terganggu. Subjek membutuhkan waktu lebih lama serta lebih banyak pengulanganuntuk dapat menghafal ayat Al Quran dibandingkan dengan anak dengan intelegensi rata-rata. Membaca dan menuliskan Al Quran merupakan hal yang cukup sulit untuk dipelajari subjek. Maka untuk dapat menghafal surat-surat pendek dalam Al Quran, subjek memerlukan metode yang sesuai. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan metode tasmi’ dalm pembelajaran. Metode tasmi’ yaitu metode menghafalkan Al Quran dengan cara guru memperdengarkan bacaan ayat-ayat Al Quran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh metode tasmi’terhadap peningkatan kemampuan subjek dalam menghafal surat-surat pendek dalam Al Quran yang dibatasi pada 3 surat, yaitu Al Kautsar, An Nashr, dan Al Falaq. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Single Subject Research dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan subjek GAG dalam menghafal ketiga surat pendek Al Quran meningkat yang ditunjukkan dengan perolehan mean level kemampuan menghafal Surat Al Kautsar pada baseline-1 (A-1) adalah 23.8, pada intervensi (B) menjadi 69.13, dan pada baseline-2 meningkat lagi menjadi 76.5. Perolehan mean level kemampuan menghafal Surat An Nashr pada baseline-1 (A-1) sebesar 23.8, pada intervensi (B) menjadi 54.25, dan pada baseline-2 menjadi 71.5. Perolehan mean level kemampuan menghafal Surat Al Falaq pada baseline-1 sebesar 25, pada intervensi (B) menjadi 50, dan pada baseline-2 meningkat lagi menjadi 73. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi metode tasmi’dapat meningkatkan kemampuan menghafal Surat Al Kautsar, An Nashr, serta Al Falaq pada subjek GAG. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pendidik untuk dapat menjadikan metode tasmi’ sebagai salah satu alternatif metode menghafal Al Quran bagi para anak cerebral palsy.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Al Hajiri, H. H. (2011). Agar Anak Mudah Menghafal Al Quran. Jakarta: Darus Sunnah.

Al Kaheel, A. (2010). Berbagi Pengalaman Menjadi Hafizh Al Quran. Jakarta: Tarbawi Press.

Al Qaradhawi, Y. (2000). Bagaimana Berinteraksi dengan Al Quran. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Al Quran dan terjemahnya. (2005). Bandung: Syamil.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assjari, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunadaksa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Atkinson, R., et al. (2004). Pengantar Psikologi Jilid Kesatu Edisi Kesebelas. Batam: Interaksara.

DePorter, B. (2009). Quantum Memorizer. Bandung: Kaifa.

Given, B. K. (2007). Brain Based Teaching. Bandung: Kaifa.

Mahmudah, D. (2009) Metode Tahfiz dalam Pembelajaran Al-Quran di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. [Online]. Tersedia: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2698. (11 Juli 2012)

Matlin, M. (1994). Cognition Third Edition. New York: Harcourt Brace Publishers.

Muslim,A.T. dan Sugiarmin. (1996). Ortopedi dalam Pendidikan Anak Tunadaksa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3500

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .