PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Hein F Ralahalu

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1). Kemampuan  membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match, maka nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penafsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan maka murid (SPL) berada pada kategori “sangat kurang” sedangkan murid (BRK, SYF, DL) berada pada kategori “kurang”. 2) kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penapsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan maka murid (DL) berada pada kategori “baik” sedangkan murid (BRK, SYF, SPL) berada pada kategori “cukup”. 3) terdapat peningkatan kemampuan membaca kata melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Somba Opu Kabupaten Gowa.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. PT. Rineka Cipta. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Dirjen Dikti Tenaga Guru Depdikbud.

Amin, M. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung: Dirjen PT. PPTG.

Hallahan & Kouffman. 2009. Exceptional Children Introduction to Special Education (fifth ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kurniasih, I & Sani. 2015. Ragam Pengembangan-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena

Somantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Rafika Aditama

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan. 1994. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .