PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR

Sistriadini Alamsyah Sidiq

Sari


ABSTRAK

            Kemampuan berhitung anak tunarungu pada tingkat Sekolah Dasar sudah mendekati  kepada kemampuan berhitung yang kompleks. Namun, tetap difokuskan kepada pengenalan sampai kepada pemahaman lambang bilangan dan pada akhirnya akan akan menjadi dasar bagi anak untuk memiliki keterampilan berhitung. Pada masa-masa ini, penggunaan media pembelajaran menjadi penting karena dengan penggunaan media yang menarik akan lebih banyak menstimulasi anak untuk belajar. Dalam penelitian ini digunakan media Adobe Flash yang merupakan suatu media animasi komputer yang menarik bagi anak yang mengenalkan kepada anak mengenai lambang bilangan, pemahaman konsep lambang bilangan dan penulisan dari setiap lambang bilangan. Media ini diterapkan dengan maksud agar anak dapat memahami konsep lambang bilangan 1-10 dengan waktu yang singkat dan mendapatkan hasil yang optimal, juga menjadi pengenalan bagi sekolah agar media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research , sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B-A. dalam penelitian ini terdapat dua target behavior yang ingin dicapai yaitu 1) kemampuan memahami konsep lambang bilangan 1-10, 2) kemampuan menuliskan nama bilangan 1-10. Data hasil penelitian dioleh dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Adobe Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep lambang bilangan 1-10 dan dapat meningkatkan kemampuan menulis nama bilangan 1-10, hal ini berdasarkan pada grafik yang meningkat, seperti pemerolehan persentase untuk pemahaman konsep lambang bilangan dari baseline 1 (A) sebesar 30%, intervensi (B) mencapai 70% dan baseline 2 (A) sebesar 87,5%. Sedangkan untuk kemampuan menuliskan nama bilangan 1-10 baseline 1(A) sebesar 21,5%, intervensi (B) sebesar 71,25% dan baseline 2 (A) sebesar 88%. Hal ini dapat menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan sebelumnya bahwa media Adobe Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep lambang bilangan.

 

Kata kunci: anak tunarungu, berhitung, media adobe flash


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Apriliani, A. (2010). Penerapan Permainan Bowling Adaptif dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 10 pada Anak Tunarungu TK I SLB-B Prima Bhakti Mulya Kota Cimahi. Skripsi pada FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Pakasi, S. (1978). Didaktik Berhitung serta Metodik Khusus. Jakarta: Bhratara.

Pramono, G. (2008). Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. (online). Tersedia : http://sinauflash.blogspot.com/2009/03/apa-sebenarnya-flash-itu.html. (23 April 2009).

Somantri, T. (2005). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.

Sunanto, J., et al. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung : UPI PRESS

Supartini,T. (2009). Peningkatan Kompetensi Bilangan pada Anak TK Melalui Permainan Matematika. Skripsi pada FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Tawney , W. Dan Gast, I. (1984). Single Subject Research In Special Education. Columbus: Charles E Merril Publishing Company.

Tim Dosen UPI. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : UPI PRESS

Widiarso, W. (2009). Pengaruh Bahasa terhadap Pikiran kajian Hipotesis Benyamin Whorf dan Edward Sapir. (online). Tersedia : http://acadstaff.ugm.ac.id/. (01 November 2009)

Yusuf, M., et al. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Problematika Belajar. Solo: Tiga Serangkai.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .