PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BANTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK AUTIS.

Sistriadini Alamsyah sidik, toni yudha pratama, reza febri abadi, ratih listianigtyas

Sari


Permainan  tradisional Banten dijadikan sebagai media untuk melakukan intervensi karena dapat lebih banyak menstimulasi anak untuk belajar berinteraksi dengan lingkungannya (teman-teman dan guru) dan dapat menstimulus peningkatan kemampuan komunikasi anak Autis. Penelitian tentang permainan tradisional Banten ini dilakukan dengan melibatkan teman sebaya telah disetting terlebih dahulu sehingga matang dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang penggunaan permainan tradisional Banten untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak Autis di SD Inklusi X di Kota Serang, dengan waktu penelitian mulai dari tanggal 18 April 2016 sampai dengan tangga l 3 Oktober 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research, sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Target behavior dalam penelitian ini yaitu mampu mengungkapkan keinginan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif, dan ditampilkan melalui grafik. Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan permainan tradisional Banten yang pada pada prosesnya melibatkan teman sebaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak Autis

 

Kata Kunci : permainan tradisional Banten, anak Autis, kemampuan komunikasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Bagus, A. (2011). Artikel Detail. [online]. Tersedia: http://aji-bagus-fpips11.web.unair.ac.id/artikeldetail-23418.html. (1 April 2012)

Delphi, B. (2006). Terapi Permainan 1. Bandung: Rizqi Press.

-----------------. (2006). Terapi Permainan II. Bandung: Rizqi Press.

Ferdy. (2010). Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal. [online]. Tersedia: http://ferdy-pharm.blogspot.com/2010/01/pengertian-komunikasi-verbal-dan-non.html. ( 20 April 2012)

Ormrod, JE. (2002). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga

Pria. (2011). Pengertian Komunikasi Verbal. Tersedia. [online].

http://id.shvoong.com/sosial-sciences/education/2206677-pengertian-komunikasi-verbal/. ( 1 April 2012)

Roswita.(2011). Efek metode priming dalam meningkatkan inisiasi spontan anak Autis terhadap teman sebaya. [online]. Tersedia:http://www.unika.ac.id/lppm/images/uploaded/files/3_roswita.pdf(7 Maret 2012)

Shafer, M. (1984). Training Mildly Handicapped Peers to Facilitate Changes in The Sosial Interaction Skill of Autistik Childer. Journal of Applied Behavior Anaysis. Collage Park: Virginia Commonwealth University and The University of Maryland.

Sistriadini, A.S. (2014). Pernggunaan Permainan dengan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis. Tesis pada Prodi Pendidikan Kebutuhan Khusus Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Sukirman, D. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Sunanto, J., et al. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung : UPI PRESS

Tn. (2006). Panduan Umum Pelayanan Sosial Anak Autis. Jakarta: Departemen Sosial RI Direktorat Pelayanan Sosial Anak Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial.

Yanuarti, D. (2010). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Verbal Anak Autistik Spectrum Disorder (ASD) melalui Teman Sebaya. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UPI. Bandung. Tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .