STUDI TENTANG DAMPAK PENYELENGGARAAN KELAS AKSELERASI TERHADAP KEMATANGAN ASPEK SOSIAL EMOSI ANAK BERBAKAT

Rahmah Novianti

Sari


ABSTRAK

 

Keberadaan anak berbakat terasa semakin mendapatkan perhatian dalam pemenuhan kebutuhan pendidikannya. Semakin banyak sekolah yang menyelenggarakan kelas akselerasi. Akselerasi dibentuk dan diselenggarakan oleh beberapa sekolah untuk menjawab kebutuhan layanan pendidikan kepada anak-anak berbakat, hal ini sedikitnya memiliki pengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan pada anak berbakat antara lain sosial dan emosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penyelenggaraan kelas akselerasi terhadap kematangan aspek sosial emosi anak berbakat. di SDN Banjarsari Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif naturalistic dimana sifat pendekatan yang digunakan lebih ditekankan kepada sifat alamiah, spontan dan wajar. Data yang dikumpulkan secara langsung di lapangan dilakukan peneliti sendiri selaku instrument. Analisis data dilakukan secara deduktif dan adanya kriteria khusus untuk keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penyelenggaraan kelas akselerasi tidak memiliki dampak negatif terhadap kematangan sosial dan emosi siswa berbakat di SDN Banjarsari Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data hasil wawancara dan observasi serta studi dokumentasi menunjukkan bahwa penyelenggaraan kelas akselerasi tidak berdampak negatif bagi kematangan sosial dan emosi siswa berbakat  Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kematangan sosial dan emosi siswa berbakat di kelas akselerasi berkembang dengan baik.

 

Kata Kunci : anak berbakat, kelas akselerasi, kematangan sosial dan emosi

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alimin, Z., Sunardi. (1996). Pendidikan Anak Berbakat yang Menyandang Ketunaan. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Astati. (24 Juli 2013). Karakteristik dan Pendidikan Anak Berbakat. Modul pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Bandung: Tidak diterbitkan.

Aya. (2010). Teori Sosial Kognitif dari Albert Bandura. [online]. Tersedia: http://ayasipelitahayati.wordpress.com/2010/04/08/teori-sosial-kognitif-dari-albert-bandura/. ( Juli 2013)

Hawadi, R.A. (2004). Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indoensia. ---------------------------. (2006). Akselerasi. Jakarta; PT Gramedia.

Macintyre, C. (2011). Play for Children with Special Needs. London: David Fulton Publishers.

Rochyadi, E. (1999). Dampak Kurikulum TK Muatan Akademik terhadap Pergerseran Perkembangan Kognitif. Tesis pada Program Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Tidak diterbitkan.

Safitri, N.(2012). Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian sosial siswa berbakat akselarasi SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. [online]. Tersedia:

Tn. (2011). Keuntungan dan Kerugian Program Akselerasi pada Siswa di Dunia Pendidikan.[online].Tersedia: http://www.pschologmania.com/2011/09/keuntungan-dan-kerugian-program.html. (14 Juli 2013)

Wandasari, Y. (2011). Faktor Protektif pada Penyesuaian Sosial Anak Berbakat.[online].Tersedia: http://journal.lib.unair.ac.id/index.php/JIMP/article/view/668/668.

Jurnal pada Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Wibawanto, A. (2013). Permainan Pertemanan (Friendship) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Hambatan Emosi dan Sosial. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Widyaningrum, A. (2010). Perkembangan Emosi. Makalah pada Jurusan Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi dan Pendidikan Pendidikan Usia Dini Universitas Al-Azhar Indonesia. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Yusuf, S.(2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Kar

Alimin, Z., Sunardi. (1996). Pendidikan Anak Berbakat yang Menyandang Ketunaan. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Astati. (24 Juli 2013). Karakteristik dan Pendidikan Anak Berbakat. Modul pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Bandung: Tidak diterbitkan.

Aya. (2010). Teori Sosial Kognitif dari Albert Bandura. [online]. Tersedia: http://ayasipelitahayati.wordpress.com/2010/04/08/teori-sosial-kognitif-dari-albert-bandura/. ( Juli 2013)

Hawadi, R.A. (2004). Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indoensia. ---------------------------. (2006). Akselerasi. Jakarta; PT Gramedia.

Macintyre, C. (2011). Play for Children with Special Needs. London: David Fulton Publishers.

Rochyadi, E. (1999). Dampak Kurikulum TK Muatan Akademik terhadap Pergerseran Perkembangan Kognitif. Tesis pada Program Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Tidak diterbitkan.

Safitri, N.(2012). Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian sosial siswa berbakat akselarasi SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. [online]. Tersedia:

Tn. (2011). Keuntungan dan Kerugian Program Akselerasi pada Siswa di Dunia Pendidikan.[online].Tersedia: http://www.pschologmania.com/2011/09/keuntungan-dan-kerugian-program.html. (14 Juli 2013)

Wandasari, Y. (2011). Faktor Protektif pada Penyesuaian Sosial Anak Berbakat.[online].Tersedia: http://journal.lib.unair.ac.id/index.php/JIMP/article/view/668/668.

Jurnal pada Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Wibawanto, A. (2013). Permainan Pertemanan (Friendship) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Hambatan Emosi dan Sosial. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Widyaningrum, A. (2010). Perkembangan Emosi. Makalah pada Jurusan Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi dan Pendidikan Pendidikan Usia Dini Universitas Al-Azhar Indonesia. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Yusuf, S.(2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Kar




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3538

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .