PENINGKATAN KEMAMPUAN WICARA SISWA TUNARUNGU KELAS IX MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL FOKUS PEMODELAN DI SEKOLAH KHUSUS AL KAUTSAR KOTA CILEGON

peni nurhayati

Sari


Manusia dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat atau Bahasa ujaran dalam menyampaikan maksudnya komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa  isyarat atau membaca gerak bibir. Untuk komunikasi semacam di atas, diperlukan tatap muka, ataupun jika melalui konferensi jarak jauh, kedua komunikan saling melihat melalui kamera dan layar monitor. Dalam kegiatan belajar mengajar digunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, terutama mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Setidaknya hal ini dapat dijadikan contoh bagi para siswa dalam kegiatan berbicara dalam suasana formal. 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Cangara, H. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja

GrafindoPersada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Hardjodipuro, S. 1997. Action Research. Jakarta. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Hendrickson, H. 1997. “Development of Early Communication”. Dalam Mason H & Mc Call. S. 1997. Visual Impairment Acces to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publishers.

Hopkins, D. 2003. A Teachers’s Guide to Classroom Research. Philadelphia.

Mangunsong, Frieda. Dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa.

Jakarta: LPSP3 UI

Mulyana, D. 2004. Komunikasi Efektif-Suatu Pendekatan Lintas Budaya.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, Eni. (2004). Skripsi: Pelaksanaan MMR pada Pengajaran Bahasa

Indonesia di Kelas Persiapan SLB-B/I YP3 ATR Cicendo Bandung. Bandung:

PLB FIP UPI

Sadjaah, Edja. 2003. Pendidikan Bahasa bagi anak Gangguan Pendengaran

dalam Keluarga. Jakarta: Depdiknas

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wardani, I. G. A. K. dkk. 2002. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: UT




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .