PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA POSTER MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SKH X

Toni Yudha Pratama

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung melalui penggunaan alat peraga poster murid Tunarungu Kelas Dasar II SLB X. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah melalui alat peraga poster dapat meningkatkan kemampuan berhitung murid tuanrungu kelas dasar II pada SLB X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design, dimana dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan alat peraga poster. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid tunarungu yang berjumlah 3 (tiga) orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dilakukan terhadap nilai yang diperoleh murid sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II SLB X meningkat dari tes awal ke tes akhir. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berhitung sebelum menggunakan alat peraga poster berada dalam kategori kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berhitung setelah menggunakan alat peraga poster menunjukkan adanya peningkatan yaitu berada pada kategori cukup mampu. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II sebelum dengan sesudah menggunakan alat peraga poster. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berhitung bagi murid tunarungu kelas dasar II SLB X.

 

Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Alat Peraga Poster, Tunarungu


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M., 1996. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Abimanyu, S & Sulaeman, S,. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Percetakan FIP – UNM

Arief S.Sadiman, dkk., 2008. Media Pendidikan-Pengertian, Pengembangan dan Pemahamannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Depdikbud, 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen PDM

Furchan, A. 1982; Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional

Miarso, Y.H., 1987. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali

Naga, Dali S., 1980. Berhitung, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia

Rahadi, A., 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Diknas, Dirjen PDM

Runtukahu, T., 1996. Pengajaran Matematika bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTG

Ruseffendi, E.T., 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTG

Soemantri, 1996. Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Somad, P & Tati Hernawati, 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud Dikti PPTG

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV.Alfabeta

Suryabrata, S., 1983. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rajawali Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3543

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .