PENINGKATAN PENGEMBANGAN KARAKTER WARGA SEKOLAH MELALUI INTEGRASI MATA PELAJARAN, PENGEMBANGAN DIRI DAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH KHUSUS AL KAUTSAR KOTA CILEGON

ellis aini hidayati

Sari


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya persoalan  yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan sebagainya. Pada tataran sekolah, para siswa sering menunjukkan sikap yang kurang kondusif seperti tawuran, bullying, perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai moral bangsa. Meskipun pertanda tersebut tidak dijumpai di sekolah peneliti, tetapi perlu menanamkan dan mencegah secara dini serta menanamkan nilai karakter secara komprehensif. Rumusan masalah dalam penelitian adalah “Bagaimana mengembangkan nilai-nilai karakter melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah?” Tujuan Penelitian adalah:meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan pendidikan karakter melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Hasil dari penelitian: Pada aspek pengintegrasian pengembangan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran dengan subyek penelitian guru, siklus 2 mencapai peningkatan setelah mendapat bimbingan secara berkelanjutan di setiap pertemuan. Nilai rerata secara keseluruhan diperoleh 75,72 (cukup) ada kenaikan dari 58,2 sebesar 17,52 poin atau 23,13%. Pada aspek pengembangan diri, nilai-nilai karakter dengan subyek penelitian siswa, siklus 2 mencapai peningkatan setelah mendapat bimbingan secara berkelanjutan dan perbaikan lingkungan sekolah. Nilai rerata secara keseluruhan diperoleh ada kenaikan dari 52,08 ke 76.13 sebesar 23,33 poin atau 30,64 %. Pada aspek budaya sekolah, nilai-nilai karakter dengan subyek penelitian warga sekolah, siklus 2 mencapai peningkatan setelah mendapat bimbingan secara berkelanjutan dan perbaikan lingkungan sekolah. Nilai rerata secara keseluruhan diperoleh ada kenaikan dari 43,81 ke 77.98 sebesar 34,17 poin atau 43,81%. Dengan demikian rumusan masalah dapat terjawab Pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah dapat meningkatkan pengembangan nilai-nilai karakter.

 

Kata kunci: Budaya sekolah, Pengembangan diri, Pengembangan nilai-nilai karakter,

 

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Depdiknas, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Depdiknas, Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 sebagaimana diubah

nomor 32 tahun 2013 dan nomor 3 tahun 2015. tentang Standar Nasional

Pendidikan.

Depdiknas, Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi dan

Kompetensi Guru.

Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku materi pokok

PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universitas Terbuka.

Bafadal,Ibrahim 2003, Peningkatan Profesionalisme Guru, Jakarta; Bumi Aksara.

Ekowati, Endang. 2001. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Platihan Guru

Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta. Depdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa , Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

The Council For Exceptional Children (1998). Including Syudents With Disabilities in General Education Classrooms. ERIC EC Digest #E581. Tersedia: http//erieee.org/digests/e52Lhtml ( terjenmahan Didi Tarsidi)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3544

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .