MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE ANGKA DI SKH NEGERI 02 KABUPATEN LEBAK

endang warman

Abstract


Tunagrahita adalah mereka memiliki tingkat kecerdasan jauh di bawah rata-rata anak normal, sehingga tidak mampu mengikuti program sekolah yang diperuntukan bagi anak-anak normal. Mereka membutuhkan pelayanan penddidikan khusus. Anak ini disebut anak terbelakang mental. Anak tunagrahita terdapat di mana-mana, baik di kota maupun di desa, dilingkungan orang kaya maupun dilingkungan orang miskin. Karena mereka memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga mereka tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Mereka tidak mampu memikirkan hal-hal yang abstrak dan berbelit-belit. Demikian juga dalam pelajaran seperti mengarang, berhitung, dan pelajaran yang bersifat akademik lainnya. Anak tunagrahita ini ada beberapa macam, juga memliki ciri-ciri dan tingkat ketunagrahitaan yang berbeda-beda, Ada yang ringan, ada yang sedang, dan ada yang berat. Layanan pendidikan untuk anak tunagrahita diberikan pada sekolah luar biasa (SLB). Dalam satu kelas maksimal 10 anak tunagrahita dengan pembimbing atau pengajar guru khusus dan teman sekelas yang dianggap sama kemampuannya tunagrahita. Kegiatan belajar mengajar sepanjang hari penuh di kelas khussu untuk anak tunagrahitaringan dapat bersekolah di SLB–C.

Kata kunci : tunagrahita, media pembelajaran, matematika, puzzle angka.


Full Text:

PDF

References


Astati. 2001. Persiapan Pekerjaan Penyandang Tunagrahita. Bandung. CV. Pendawa.

Arief, S. Sadiman. 1986. Media Pendidikan Pengertian dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Kartini, Kartono. 1982. Psikologi Anak. Bandung: Alumni.

Amin, Moh dan Entang, Moh. 1984. Pedoman Bimbingan Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.

Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats