“UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SKh KORPRI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016”

ri ta

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perencanaan pembelajaran yang dibuat guru SKh Korpri hanya direncanakan dalam pikiran sang guru saja. Akibatnya kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan di sekolah tidak dapat mengevaluasi  kinerja  guru  secara  akademik.  Kinerja  yang  dapat  dilihat  oleh kepala sekolah hanyalah kehadiran tatap muka, tanpa mengetahui apakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sudah sesuai dengan harapan atau  belum,  atau  sudahkah kompetensi dasar  yang  harus dikuasai oleh siswa terkuasai dengan benar. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah : “1. Apakah  supervisi  akademik  yang  berkelanjutan  mampu  meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP?”. “Bagaimanakah langkah-langkah pemberian supervise akademik yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP?”. Penelitian ini bertujuan Ingin meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui supervise akademik. Ingin Mengetahui langkah-langkah  yang  tepat  dalam  melakukan  supervise akademik agar mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP.. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II,. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data-data penelitian yaitu observasi. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain dari analisa menunjukkan bahwa silabus dan RPP yang dikumpulkan benar disusun oleh guru yang bersangkutan. Karena terjadi kesesuaian skenario antara perencanaan dan pelaksanaan di kelas. Berdasarkan   hasil   penelitian   yang   terurai  dapat disimpulkan bahwa Supervisi akademik  secara  berkelanjutan terbukti secara  ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru  dalam  menyusun RPP  di SKh KORPRI. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru  yang  baik  dari  31%  menjadi  83%  setelah  supervise  akademik. Selain itu jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 31% menjadi 89%.

 

Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kompetensi Menyusun RPP

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 1997. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.

Harahap, Baharuddin. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan

Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdaka




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .