PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH INKLUSI

euis mintarsih

Abstract


Berbagai kebutuhan anak dalam kelas inklusif menimbulkan dampak pada penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, penataan lingkungan kelas dan interaksi sosial antar anak dalam kelas tersebut. Selain itu juga latar belakang pendidikan dan pemahaman guru tentang anak berkebutuhan khusus dan pendidikan inklusif merupakan hal penting dalam melakukan pengelolaan kelas untuk memberikan layanan optimal bagi anak berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Alasan digunakannya studi kasus karena strategi ini cenderung lebih terbuka untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif dalam mendalami objek yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dasarnya pemahaman para guru di sekolah inklusi tersebut masih dirasakan kurang. Sehingga peneliti merasa perlu untuk merekomendasikan agar guru kelas tersebut diberi pendalaman berkaitan dengan pemahamannya dalam pengelolaan kelas.

 

KATA KUNCI  lnklusi, Pengelolaan kelas

Full Text:

PDF

References


Bintoro, T. 2004. Pendidikan lnklusi, Republika On Line:http://www.republika.co.id.

Jhonsen, B.H, and Skjorten M.D., (2003). Menuju lnklusi, Pendidikan Kebutuhan Khusus Sebuah Pengantar, Bandung:Program Pascasarjana UPI Bandung.

Sunardi. (2002). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dirjen Dikti.

UNESCO. (2002). Undesrstanding and Responding to Children's Need in Inclusive Classroom. UNESCO.

Hidayat (2005) Pengelolaan Kelas pada Sekolah Reguler Menuju lnklusi, Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats