PENGARUH PERAN AKTIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBINAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH KHUSUS ATH-THOHARIYYAH KABUPATEN PANDEGLANG

eman suherman

Sari


Seperti hal nya ada suatu kata slogan “ Mensanno In Corporisano” jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebihnya mengadung makna “ dimana terdapat jiwa yang sehat disitu ada tubuh yang kuat” dan sebuah kalimat tersebutlah suatu Penelitian Tindakan sekolah ini penulis angkat sebagai judul Penelitian Tindakan Sekolah di SKh Ath-Thohariyyah, Kabupaten Pandeglang. Penulis juga berharap dengan adanya penelitian ini bisa membawa SKh Ath-Thohariyah ini mempunyai nilai positif pada bidang usaha kesehatan sekolah (UKS) terlebih bisa menjadi juara UKS tingkat Kabupaten Pandeglang dan terlebih lagi bisa menjadi Juara UKS Tingkat Nasional. Hal itu bukan hanya mimpi melainkan suatu yang bisa terwujud hanya dengan kerja keras dan usaha maksimal untuk mewujudkan hal tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SKh Ath-Thohariyyah, Kabupaten Pandeglang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan UKS mengalami peningkatan pada siklus I adalah 33,5 dengan kategori baik. Sedangkan skor pada siklus II meningkat menjadi 42, dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I adalah 18,5 dengan kategori cukup. Sedangkan skor pada siklus II menjadi 23,95 dengan kategori baik; (3) Kegiatan dan perkembangan UKS pada siklus I adalah 65,35%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87% dengan KKM > 62. Simpulan penelitian ini adalah melalui Peran Aktif Kepala Sekolah terhadap pembinaan  Uasaha Kesehatan SKh Ath-Thohariyyah, Kabupaten Pandeglang. Saran dari peneliti yaitu permasalahan realistik yang diajukan kepada siswa hendaknya yang bisa dibayangkan oleh siswa dan media manipulatif yang digunakan hendaknya dibuat sesuai dengan jumlah siswa.

 

 

Kata Kunci : Peran Aktif Kepala Sekolah, Usaha Kesehatan Sekolah


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Afifudin, SK dkk. 2004, Psikologi Pendidikan . Solo. CV.Harapan Massa

Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum SD Th 2004 , Jakarta Tahun 2004..

Departemen Kesehatan RI, Tuntutan Usaha Kesehatan Sekolah Jakarta, Th 1991

Departemen RI. 1991 Masalah Pendidikan Dari Aspek Kesehatan. Jakarta. Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990 Pendidikan Kesehatan Bagi Pembinaan UKS. Jakarta. Departemen P & K RI. GBHN RI Th 1999.

Purwo Darminto. 1985. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. CV Haji Mas Agung

Suharsimo Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta Rimka Cipta

Sutrisno Hadi. 1990. Metodologi Penelitian dan Research. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3550

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .