PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 11-20 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SKH ADI SETIA CIKOTOK

Mad Sari

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SKh Adi Setia Cikotok, terdapat dua siswa anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam belajar yaitu belajar mengenal lambang bilangan 11-20. Kedua siswa sering mengalami kesalahan dalam meyebutkan lambang bilangan yang ia lihat, menunjukan lambang bilangan yang sesuai dengan yang ia dengar, menuliskan dan memasangkan lambang bilangan yang mewakili benda yang ia bilang. Hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa anak tidak mengenal lambang bilangan dengan baik. Anak cepat bosan dalam menerima materi pelajaran mengenal lambang bilangan 11-20. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil pretes di kelas dasar IV pada SKh Adi Setia Cikotok, menunjukkan bahwa dari 2 subjek penelitian yaitu ST dan RS, dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik walaupun masih banyak kekurangan dalam peroses pembelajaran dikelas. Hal ini menggambarkan bahwa tingkat kemampuan memahami tugas yang berhubungan dengan konsep menghapal dan atau memaahami masih kurang sehingga siswa sulit menyelesaikan tugas yang diberikan Setelah diberikan pembelajaran Matematika dengan menggunakan media animasi komputer dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 11-20 sebanyak 6 kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit setiap pertemuan kemampuan mengenal bilangan 11-20 pada siswa tunagraita kelas dasar IV mengalami peningkatan yang berarti.Berdasarkan hasil tes pada siklus ke II terhadap 2 subjek penelitian yaitu ST dan RS sesudah diberikan perlakuan melalui aktivitas mengenal bilangan 11-20 dengan media animasi komputer, kemampuan mengenal bilangan 11-20 siswa tunagrahita sedang kelas dasar IV SKh Adi Setia Cikotok.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi Komputer, Tunagrahita sedang


Full Text:

PDF

References


Alimin, Z (2004). “Hambatan Belajar pada Anak Down’s Syndrome dan Implikasinya Terhadap Intervensi Pendidikan”. Jurnal Jassi Anaku Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. 3, (2), 172-181.

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SDLB-C1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djalle, G. (2007). 3D Animation Movie. Bandung: Informatika.

Fathani, A. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Geniofam. (2010). Mengasuh dan mensukseskan anak berkebutuhan khusus.Yogyakarta: Garailmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats