MONITORING PELAKSANAAN KONSEPSI PEMBELAJARAN FRAGMATIKA DINAMIS OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS GURU PADA PEMEBALAJARAN IPA DI SEKOLAH KHUSUS TRI DHARMA CILEGON

mas 'udi

Sari


Monitoring kepala sekolah sebagai pemantau kegiatan pemebelajaran disekolah sangatlah dibutuhkan terlebih demi menciptakan suasana belajar yang saling mengisi antara guru dan Kepala sekolah sehingga senantiasa terjalian suasana harmanis diantara kedua belah fihak. Dari hubungan yang harmonis itulah diharapkan menumbuhkan kreatifitas, ide-ide baru yang muncul seiring dengan metode yang diterapkan dalam Pelaksanaan Pemebelajaran didalam kelas.Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Apakah pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas berpengaruh terhadap hasil belajar Pengetahuan Sosial? b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran terstrutur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa?Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pelaksanaan Konsepsi pembelajaran fragmatika dinamis terhadap hasil belajar Pengetahuan Alam. (b) Untuk mengungkap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar Pendidikan Kwarganegaraan siswa kelas V Sekolah Khusus Tri Dharma, Cilegon Banten .Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Khusus Tri Dharma, Cilegon Banten . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Monitoring pelaksanaan konsepsi pembelajaran dinamis  oleh Kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan kualitas  guru pada pembelajaran IPA di Sekolah Khusus Tri Dharma, Cilegon Banten , serta model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Kata Kunci: Monitoring Konsepsi, Fragmatika Dinamis


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A. Samana, M.Pd, 2003, Sistem Pengajaran PPSI dan Pertimbangan Metodologinya. Yogyakarta : Kanisius.

- Atmadi dan Y Setianingsih. 2002. Transformasi Pendidikan Memasuki Millineum Ketiga. Yogyakarta : Kanisius.

- Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Solo : Depdikbud dan Rineka Cipta.

- Hendra Darmodjo dan Jenny R. E Kaligis (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

- Kabolah E.S Kasiani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dept. P dan K Dirjen Perguruan Tinggi.

- M. Iskandar Srini, Ph. D. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : CV. Maulana.

- Moh Uzer Usman 2000, Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja RoSekolah Khusus Tri Dharma, Cilegon Bantenakarya.

- Rusyan A. Tabrani, dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Karya.

- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Solo : Rineka Cipta.

- Soedjatmiko, dkk. 2002. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

- Sumaji, dkk. 2001. Fragmatika Dinamis Suatu Model Pembelajaran Inovatif . Yogyakarta : Kanisius.

- Z. Kasijan. 1987. Psikologi Pendidikan Buku 2. Surabaya : PT. Bina Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .