MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN MENGELOLA WARUNG KOPERASI SEKOLAH MELALUI METODE PROJEK (PROJECT METOD) PADA SISWA KELAS II SMALB TUNARUNGU AL-KHAIRIYAH CILEGON BANTEN

darmawati fatimah

Abstract


ABSTRAK

Kehidupan siswa SMALB Tuna Rungu setelah lulus akan menjadi problema kita bersama antara guru, orang tua dan masyarakat. Pada kenyataannya kemampuan intelektual, emosional, ketrampilan, minat dan bakat masing-masing siswa berbeda antara satu dengan yang lain. Sekolah harus bisa memberikan ketrampilan yang bisa dijadikan bekal untuk kehidupan setelah mereka lulus. Hal ini disebabkan karena tidak semua siswa setelah lulus bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Disamping itu siswa yang telah lulus belum semua terserap oleh lapangan kerja yang ada. Hal tersebut dikarenakan belum banyak instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta  yang bersedia merekrut mereka sebagai tenaga kerjanya. Untuk mengatasi probema tersebut  peneliti melakukan penelitian tindakan kelas  pada pembelajaran ketrampilan yang dititik beratkan pada pendidikan ketrampilan kecakapan hidup   ( life Skill ) bagi anak Tunarungu.  Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan dan beberapa siklus pembelajaran.    Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ilmu ketrampilan kepada siswa siswi SMALB Tuna Rungu agar bisa mengasah  bakat dan ketrampilan yang dimiliki secara optimal agar   setelah lulus nanti dapat memanfaatkan ketrampilannya tersebut untuk kehidupan selanjutnya sehingga bisa mandiri.

Kata Kunci :  Keterampilan mengelola warung, project metod ( Metode Proyek ), siswa SMALB Tunarungu


Full Text:

PDF

References


Saur Tampubolon, (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Guru dan keilmuan. Jakarta : Erlangga.

Syaiful Bahri Djamarah. Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar

Jakarta : Rineka Cipta

Madiya ti Busono. (1984). Diagnosis. IKIP Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetendi dan Kompetensi dasar SMALB

Tunarungu. Jakarta, Direktorat Pendidikan Sekolah uar Biasa.

Junaedi Abdilah. (2006) Ketrampilan Jasa Pembukuan jilid 2. Jakarta :

Ganesa

Atty Srie Sulastri (2013). Kewirausahaan untuk kelas X Sekolah Menengah

Kejuruan. Bandung : Grafindo Meda Pratama




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats