PENGGUNAAN MEDIA WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten )

Hamdan Bachry, Dr. Joko Yuwono, M.Pd, Yuni Tanjung Utami, M.Pd

Sari


 

      This research aims to find out the influence of using Word Wall media to increase writing upright letter ability toward the deaf student at the third grade of SDLB SKhN 02 Serang Banten. This research use the experimental design that was the Single Subject Research (SSR) with A-B-A as reseach design. The subject of the research was one of the deaf students in the third grade. The condition of the research subject was less comprehend toward writing upright letter lesson. The data collecting methods were using tests, observation and documentation. The data obtained were analyzed using descriptive statistics then displayed in the form of tables and graphs. The results showed that the average percentage of baseline I 44%,with stability 86%, interpensi 71%, 80% stability and baseline II 53%, with the stability of 97%. It showed that the effect of Word Wall media positive towards improving the deaf student’s writing Upright letter ability.


Kata Kunci


Pendidikan Luar Biasa, Word Wall Media, write upright letter, the deaf student

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono,(1999). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka

Anitah W Sri dkk. (2014).Strategi Pembelajaran Di Sd (cetakan ke dua puluh satu).

Aprilia Dina Widiyawati, (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Menulis Terbimbing Terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas III A Sd Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. Skripsi Universitas Negri Yogyakarta

Arief s, sadiman (2002) media pendidikan. Depok rajawali Pers

Ayun. D, Yasinta (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Media Buku Tulis Halus PTK PGSD Fkip Universitas Sebelas Maret.

Aminingsih, Siti Penggunaan (2013). Media Word Walls Dalam Pembelajaran

Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pembelajar AsingTingkat Intermediate Wisma Bahasa. Skripsi Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Permendiknas RI No.22 Tahun 2006,

Djuanda, D. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan

Dwi, K. (2013). Mengajari Siswa atau Anak Menulis Tegak Bersambung. Diakses dari http://kurniawandwia150.blogspot.co.id/2018/01/mengajari-siswa-atau-anak-menulis-tegak.html.

Depdiknas. (2009). Panduan untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan untuk

Delmawati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Latihan Menulis Huruf Tegak Bersambung pada Anak Kesulitan

Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Volume 4 No. 3,,16 – 26.

Dewa Ayu Oka Trisnawati, Ni Ketut Suarni, A.A.I.N Marhaeni. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Visual Word Wall Dan Asesmen Projek Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sd Kelas V Gugus I Kecamatan Gianyar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Pada tanggal 9 juni 2018, pukul 20.42 WIB.

Rozi, M.Fahrur (2009) keterampilan menulis tegak bersambung media transpormasi

Juang Sunanto. Takeuchi, Koji dan Nakata, Hideo. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. : Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) University of Tsukuba

Jasmine, Joanne (2009) The Effects of Word Walls and Word Wall Activities

on the Reading Fluency of First Grade Students jurnal

Maya, J.Herka (2005) Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar.

Jurnal Online Universitas Negeri Yogyakarta

Naila. M. R, Lulus (2018). Model Pembelajaran Langsung Bermedia Word Wall Terhadap Pemahaman Kosakata Anak Tunarungu Kelas I Di Sdlb-B Jurnal Pendidikan Khusus Universitas Negeri Yogyakarta

Raharja Djadja (2006,june 30). CRICED,University of Tsukuba Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3. Jakarta: Depdiknas.

Rufaida, Alvanty (2010). Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Soemantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

tanggerang selatan: Universitas Terbuka

tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Subhati, Adi Djamarah, dkk (2013) media pndidikan Jakarta rineka cipta

Undang-Undang Republik Indonesia (Nomor 20 Tahun 2003) Sistem Pendidikan Nasional

Wardani, IG.A.K, dkk. (2008). Pengantar pendidikan Luar Biasa (cetakan

kesebelas). Jakarta: universitas Terbuka.

Widianingrum, U.W., Hartono, Yulianti. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media Kartu Magic. Jurnal Online PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i1.5301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .