PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN 0-50 AUTISTIK KELAS IV DI SKH AL KAUTSAR CILEGON BANTEN

Siti Dwi Jumiati, Dr. Hj. Isti Rusdiyani, M.Pd, Ratih Listyaningtyas, M.Pd

Sari


Abstract

This research is motivated by the low ability of children to add 0-50. The purpose of this study was to determine the increase in the ability to add 0-50 autistic children using the token economic. The research method used is the experimental method using the Single Subject Research (SSR) approach and using the A-B-A research design. The target behavior in this study is to add 0-50. The data collection technique in this study used a test given at baseline-1, intervention, and baseline-2 in 5 items. The data obtained were analyzed using analysis between conditions. Based on the results of the research data analysis, it was found that there was an increase in the ability to add 0-50 autictic children in class IV using the token economic behavior modification technique at SKh Al Kautsar Cilegon Banten. The results of the mean level in the baseline-1 were 43,33% and the increase after the intervention of token economic behavior modification tehnique was 74,17%. This shows that there is an increase in the ability to add 0-50 autistic children in class IV using the token economic behavior modification technique at SKh Al Kautsar Cilegon Banten.

 


Kata Kunci


Token Economic, Ability to Add 0-50, Autistic Children

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Aziz, Safrudin. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gava Media

Darmawanti dan Jannah. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia

Direktorat PKLK. (2015). Pedoman Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Autis. Jakarta: UNJ

Delphie, Bandi. (2009). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Refika Aditama

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia

Luthfa, dkk. (2015). Efektivitas token economic dalam meningkatkan hasil belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas V di SDLB Muhammadiyah Golokan Gresik. Jurnal Pendidikan Khusus. 7(3). [online]. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Diakses pada tanggal 4 April 2018

Mash and Wolfe. (2015). Abnormal Child Psuchology. USA: Wadsworth

Matson, Johnny. (2009). Applied Behavior Analysis for Children with Autism Spectrum Disorder. USA: Springer Science + Business Media

Millersmtih, et al. (2013). The use of token economy and a math manipulative for a child with moderate intelectual of disabilities. International Journal of Basic and Applied Science. 1(3), 634-640. [online].http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.416.4462&rep=rep1&type=pdf. Diakses pada tanggal 12 Mei 2018

Nani, Euis. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV. Amanah Offset

Purwanta, Edi. (2015). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ristekdikti. (2016). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [online]. https://kelembagaan. Ristekdikti.go.id. Diakses pada tangga 19 Agustus 2018

Rizky, dkk. (2014). Teknik token economic terhadap kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita ringan di yayasan sosial dan pendidikan khusus SD Putra Harapan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus. 6(6). [online]. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Diakses pada tanggal 4 April 2018

Runtukahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sidik, S.A. (2013). Penggunaan Permainan dengan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autistik. Bandung: UPI

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunanto, Juang dkk. (2006). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press

Tawney and Gast. (1984). Single Subject Research in Special Education. USA: Bell and Howell Company

Usman, Husaini dan Purnomo. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wijayani, N.A. (2016). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yuwono, Joko. ( 2009). Memahami Anak Autistik. Bandung: Alfabeta

Yuwono, Joko. (2015). Komunikasi dan Bahasa Anak Autistik. Bandung: Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i1.5304

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .