INFLUENCE OF USE OF MEDIA NUMBER CONCEPT TUNANETRA ABILITY TO READ BRAILLE NUMBERS

Prita Nuraeni, Dr. Hj. Isti Rusdiyani, M.Pd, Ratih Listiyaningtyas, M.Pd

Sari


Abstract

Children with visual impairments have difficulty reading, also have difficulty recognizing numbers. Media The concept of numbers is a medium used to help learning about the concept of numbers for blind children. The purpose of this study was to obtain data and information about the effect of using the concept of numerical numbers on the ability to read Braille numbers in second grade elementary school students at Garut State SLN. The method used in this study is the experimental method using the Single Subject Research (SSR) approach, while the design used is the A-B-A design. there are three target behaviors in this study, namely 1) the ability to say numbers verbally, 2) the ability to show numerical symbols with beams, and 3) the ability to read Braille numbers. The data obtained was analyzed through descriptive statistics, and displayed through graphs. Based on the results of the study, it is known that the use of media concept numbers increases the ability to read Braille numbers in blind children. This is indicated by the increase in the mean in the three target behaviors.

 


Kata Kunci


Media concept of numbers, blind children, ability to read Braille number

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Azwandi, yosfan. 2007. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. 2003. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Daneman, Meredyth. 1988. How reading braille is both like and unlike reading prin. [online] Tersedia : BF03197051.pdf. Diakses tanggal 15 Mei 2018.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Effendi, M. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Hadi, P. 2005. Kemandirian Tunanetra, Jakarta :Depdiknas

Hosni, I. 2014. Buku Ajar Orientasi dan Mobilitas. Depdikbud. Proyek Pendidikan Tenaga Gutu.

Khairani, Mutia. 2016. Media Flashcard Braille

Terhadap kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunanetra [online]

Tersedia :

media%20flashcard%20braille%20thd%20 kemampuan%20membaca%20permulaan%

atn.pdf. Diakses tanggal 13 Mei 2018.

Lestari, Eka et al. 2017. Penelitian Pendidikan

Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penada Media

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Nawawi, A. 2002. Sistem Simbol Braille Bidang Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Runtukahu,Tombokan et al .2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruuz media

Rusman . 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta

Sadiman, S, A, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sattria, Rani. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Braille Melalui Media

Kartu Huruf Anak Tunanetra. [online]

Tersedia :

meningkatkan%20kemampuan%20mengen al%20huruf%20braille%20melalui%20med ia%20kartu%20bergambar.pdf. Diakses tanggal 15 Mei 2018

Somantri, S. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa.Bandung. PT Refika Aditama.

Subana, M et al. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunanto, J. 2013. Anak Dengan Hambatan Penglihatan. Jurusan Pendidikan Khusus, Universitas

Sunanto, Juang et al. 2006. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press

Sundiyana, Rostina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Thompson, Jenny. 2010. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Erlangga

Widjaya, Ardhi. 2012. Beluk-beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajaran. Yogjakarta:

Javalitera




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i2.5309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .