PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG TINGKAT SMALB DI SKH AL-IHSAN 02 KOTA CILEGON BANTEN (Studi Kualitatif Deskriptif Melalui Kegiatan Pembuatan Telur Asin)

vivi Afiati Lail, Dr. Joko Yuwono, M.Pd, Sistriadini Alamsyah sidik, M.Pd

Abstract


Abstrak

Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kecerdasan, mereka mengalami berbagai macam hambatan. Maka dari itu anak tunagrahita kurang mampu dikembangkan dalam pembelajaran akademiknya dan memerlukan pengembangan dalam pembelajaran lain yaitu dalam pembelajaran keterampilan salah satunya yaitu pembelajaran keterampilan membuat telur asin. Tujuan dari pembelajaran keterampilan yaitu untuk membuat anak menjadi mandiri dan memiliki kemampuan untuk bekal menjalani kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana guru memberikan memberikan pembelajaran keterampilan pembuatan telur asin bagi siswa tunagrahita sedang tingkat SMALB di SKh Al-Ihsan 02 Cilegon Banten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen. Sedangkan dalam teknik analisis data penelitian ini dengan analisis deskriptif kualitatif, dan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berupa Program Kewirausahaan sekolah yang disusun oleh kepala sekolah, sedangkan metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, dan untuk media yang digunakan berupa alat-alat dapur dan bahan-bahan yang dapat mudah dibeli di pasar. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan ini dilaksanakan selama 3 kali dalam satu semester, proses evaluasi dilakukan setelah pembelajaran selesai, menyimpulkan dari pengamatan hasil kerja siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan dimuat dalam lembar portofolio siswa.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alois. G, (2014), Aspects Related to the Educational and Vocational Guidance of Intellectually Impaired Students, Social and Behavioral Sciences 114 116-120

Astati, (2010), Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita, CV. Catur Karya Mandiri, Bandung.

Desiningrum. RD, (2016), Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Psikosain, Bandung.

Dewi. D.P, (2017), Keterampilan Vokasional Sebagai Persiapan di Dunia Kerja Bagi Anak Dengan Hambatan Intelektual. Seminar Internasional Pendidikan Khusus Wilayah Asia Tenggara Seri Ke-7.

Een. R, (2017), Implementasi Program Vokasional Anak Tunagrahita. Vol.18 Nomor 1.

Rama. F, (2013), Meningkatkan Keterampilan Membuat Bunga Dari Kantong Plastik Melalui Metode Demonstrasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas IX Smplb Yppc Painan), Vol.1 Nomor 1, Januari 2013

Fitri. N.Y, Martias, dan Ardisal, (2011), Profil Penyelenggaraan Keterampilan Kecakapan Hidup (Life Skill) Bagi Anak Tunagrahita, Vol.3 Nomor 3.

Iswari. M, (2007), Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan, Jakarta.

Kusumaningtyas. L.E, (2016), Efektifitas Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Dalam Membekali Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Bina Putra Salatiga untuk Dapat Bertahan Hidup Di Masyarakat, Vol. 11 Nomor 2

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Cv.Pustaka Setia, Bandung

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2006), Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Nomor 22.

Pratama. T. Y, (2015), Studi Pengembangan Program Pembelajaran Keterampilan Seni Kriya pada Anak Tunarungu di Sentra PK dan PLK Dharma Bakti Dharma Pertiwi Kota Bandar Lampung, Vol.1 Nomor 1, 2-11

Purwanto. N, (2009), Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Riyani. I, Abdurrahman M, dan Tarsidi I, (2016), Keterampilan Vokasional Pembuatan Telur Asin Bagi Anak Tunagrahita Ringan SMALB di SLB C YPLB Kota Bandung, Vol. 17 No.1.

Roestiyah, (2001), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Citra, Jakarta

Sanjaya. W, (2013), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta

Satori. D & Komariah. A, (2013), Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Setyosari. P, (2013), Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan, Prenadamedia Group, Jakarta

Silvia, (2013), Pembelajaran Keterampilan Vokasional Anak Tunagrahita Sedang Kelas XI SMALB (Studi Deskriptif Di SLB C1 Dharma Asih Depok, Skripsi, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta

Somantri. S. T, (2012), Psikologi Anak Luar Biasa, PT. Refika Aditama, Bandung

Sudijono. A, (1995), Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Supardi. Dkk, (2011), Perencanaan Sistem Pembelajaran, CV. Harisma Jaya Mandiri, Ciputat

Susanti. E, (2012), Meningkatkan Keterampilan Menganyam Sarang Ketupat Melalui Teknik Token Ekonomi Pada Anak Tunagrahita Ringan di SMPLB Perwari Padang, Vol.1 Nomor 3




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i2.5315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats