PENGGUNAAN MEDIA MENTION (MENSTRUAL EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMAPUAN BINA DIRI ANAK TUNARUNGU

Ayu Diana, Dedi Mulia, Hadiroh hadiroh, Jumrotul Aqobah, Risma Febrianti

Sari


Penggunaan Media Mention (Menstrual Education) dijadikan sebagai media untuk pembelajaran menstruasi dan meningkatkan kemampuan bina diri sekaligus kognitif anak. Dalam uji coba media ini, media yang dibuat telah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Sehingga pada pelaksaannya media tersebut dapat diterima oleh anak dan berfungsi dengan baik sesuai dengan kegunaan serta tujuan dari penggunaan media tersebut. Tujuan dari uji coba media ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media mention (menstrual education) dalam meningkatkan kemampuan bina diri anak Tunarungu di SKh 01 Pembina Pandeglang.  Metode yang digunakan dalam uji coba ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design. Berdasarkan hasil uji coba, penggunaan media mention (menstrual education) ini dapat meningkatkan kemampuan bina diri anak. Hal ini dilihat dari progres anak dalam uji coba pertama, uji coba kedua, dan uji coba ketiga dimana anak mengalami peningkatan kemampuan bina diri. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Media Mention (Menstrual Education) dapat meningkatkan kemampuan bina diri anak.

Kata Kunci


Tunarungu, Media Mention, Pembelajaran Menstruasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Conny R. S. Mangunsong F. 2010. Keluarbiasaan Ganda. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Edja Sadjaah. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran Dalam Keluarga. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Jakarta.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran;. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Www.Juliwi.Com) Edisi 1 No. 4, hal. 108-116

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Pt. Luxima Metro Media. Jakarta.

Rusdi Susilana & Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima. Bandung.

Winarsi, Murni. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .