PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK TUNANETRA LOW VISION KELAS X DI SKH AL-KHAIRIYAH KOTA CILEGON

Alfi syahri, Yuni Tanjung Utami, Abdul Mukti, Muntazir Plb, winda amelia, lianah plb

Sari


Psikomotorik tidak terlepas dari aktivitias fisik yang dilakukan manusia pada umumnya, hal ini juga sangat di butuhkan kepada peserta didik tunanetra dalam melakukan proses pembelajaran, psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu psikomotorik kasar dan halus yang masing – masing memiliki peran yang sangat penting bagi peserta didik tunanetra. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ‘’ untuk meningkatkan psikomotorik pada anak tunanetra kelas X di SKh Al-Khairiyah’’. Dengan meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik tunanetra akan sangat mendukung terhadap kelancaran proses belajar khususnya  memahami bentuk dalam pembelajaran geometri bangun datar. Dari hasil pengamatan menunjukkan  masih terlihat kesulitan dalam persepsi dan psikomotorik  peserta didik sehingga berdampak pada hal yang lain. oleh karena itu guru sering kali turun tangan untuk membantu peserta didik di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SKh  AL – Khairiyah Cilegon. Pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan media ini adalah asessment, obseravasi dan wawancara dengan menggunakan teknik kualitatif. Media pembelajaran ini di harapkan dapat membantu banyak pihak dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci


Psikomotorik, Proses Pembelajaran, Geomentri Bangun Datar, Tunanetra

Referensi


Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic And Statistical Manual ofMental Disorder Edition “DSM-5”.Washinton DC: American PsychiatricPublishing. Washinton DC.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

____.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

.2010.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, Sadiman, dkk. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

_____.2011. Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Burhan, Nurgiyantoro. 2005. Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Delphi, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.

Dian Noura Angela. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Pepen. Skripsi. PGSD UNY.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusbit-Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemis & Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Low Vision. Bandung: PT Luxima Metro Media.

Munadi, Yudhi. 2010. Media pembelajaran “sebuah pendekatan baru”. Jakarta: Gaung persada press.

Nurarifah Ulfah. 2009. pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Anak Tunanetra Low Vision Ringan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skirpsi. PLB UPI.

Parsons. 2005. Pengantar Teori. Jakarta: PT Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soejono. 2006. Suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sudjana & Riva’i. 2001. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

____. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan r&Statistik Untuk Analisis Data Penelitian d. Bandung: Alfabeta.

_.2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

.2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, dkk. 2005. Pengantar penelitian. Jepang: University of Tsukuba.

Sunar, Dwi. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis tes untuk penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.

_________. 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Usman Husaini & Purnomo. 2008. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Wantah J Maria. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Usia Dini. Jakarta: Department Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .