PENGGUNAAN TONGKAT MODIFIKASI STIOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORIENTASI MOBILITAS PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN

Yayang Julianti, Yayang Vaiza Usnawa, Risma Febrianti, Gilang Septian Pratama, Jumrotul Aqobah, Toni Yudha Pratama

Sari


Penelitian ini diangkat dari studi pendahuluan mengenai keterampilan orientasi dan mobilitas anak dengan hambatan penglihatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui  sejauh mana kemampuan orientasi dan mobilitas subjek, serta untuk mencari tahu ada atau tidaknya efektifitas dan peningkatan kemampuan dalam berorientasi dan mobilitas setelah menggunakan tongkat modifikasi STIOR (Stick Orientation). Berdasarkan studi pendahuluan tersebut, maka penulis termotivasi untuk mengangkat permasalahan tersebut menjadi permasalahan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research, sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak dapat mengetahui lingkungan disekitarnya. Data yang diperoleh dan dianalisis melalui statistik deskriptif, dan ditampilkan melalui grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan STIOR dapat meningkatkan keterampilan orientasi anak dengan hanbatan penglihatan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil yang didapat adalah untuk mean pada kondisi baseline 1 (A) sebesar 40%, intervensi (B) mencapai 80%, baseline 2 (A) sebesar 40%, intervensi (B) mencapai 80%, baseline 3 (A) sebesar 40%, intervensi (B) mencapai 80% dan baseline 4 (A) mencapai 40%, intervensi mencapai 80%. Dengan demikian dapat dirtarik kesinpulan bahwa penggunaan tongkat STIOR (Stick Orientation) efektif untuk meningkatkan orientasi dan mobilitas pada subjek dilingkungan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.


Kata Kunci


Penelitian ini diangkat dari studi pendahuluan mengenai keterampilan orientasi dan mobilitas anak dengan hambatan penglihatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan orientasi dan mobilitas subjek, serta untuk mencari tahu ada atau tida

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwandi, Y. Efendi, J, 2004, Orientasi dan Mobilitas. Universitas Negeri Padang, Padang.

Sari, Rudiyanti, 2010, Konsep Dasar Orientasi dan Mobilitas, Universitas Negeri Yogyakarta, Jawa Timur.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Alfabeta, Bandung.

Sunanto, Juang, dkk 2005, Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal, CRIED University of Tsukuba, Jepang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5582

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .