PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU PENDIDIKAN KHUSUS MELALUI KEGIATAN PELATIHAN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DI GUGUS 11 KOTA TANGERANG

Tateu Nurbayan

Sari


Pemanfaatan media pembelajaran dengan memanfaatkan program aplikasi Microsof Powerpoint dilakukan dengan mengemas materi ajar secara menarik, singkat, padat dan efektif. Sesuai dengan tuntutan profesionalisme guru dalam mendidik maka kemampuan setiap guru untuk mengembangkan bahan ajarnya yang berbasis TIK mutlak di perlukan. Namun tidak jarang masih ada guru yang sampai saat ini belum paham dan tidak begitu familier dengan penggunaan bahan ajar berbasis TIK. Salah satu upaya mengatasi kekurangmampuan guru untuk menggunakan komputer dan mengakses internet agar dapat membuat media pembelajaran maka digunakanlah metode tutor sebaya dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Gugus 11 Kota Tangerang. Melalui tutor sebaya ini guru bukan hanya dijadikan sebagai objek pembelajaran tetapi menjadi subjek pembelajaran yaitu guru diajak untuk menjadi tutor atau sumber belajar dan menjadi tempat bertanya bagi temannya.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran silkus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru pendidikan khusus di Gugus 11 Kota Tangerang sebanyak 20 orang. Data  diperoleh dari hasil angket dan tes pengetahuan tertulis. Dari perhitungan angket diperoleh data nilai pada sebelum tindakan mencapai 15% kemudian naik menjadi 60% pada siklus I dan terus meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil tes pengetahuan tertulis dari sebelum tindakan dan kedua putaran siklus diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari 48,75 pada sebelum tindakan kemudian naik menjadi 79,25 pada siklus I dan terus meningkat menjadi 84,25 pada Siklus II.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menggunakan program microsoft power point sebagai media pembelajaran bagi guru pendidikan khusus di Gugus 11 Kota Tangerang.

Kata Kunci


Microsoft Power Point, Pelatihan. Metode Tutor Sebaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian. (2010). Membuat Presentasi Menakjubkan dengan Microsoft Power Point 2007. Mediakita.

Burhan Bungin. (2008). Metodologi Penelitian: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Prenada Media: Jakarta.

Garnida, Dadang. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang PLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi A. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-kanak & Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Gumawang, Atang. (2007). Belajar Otodidak Word, Excel, Power Point XP. (Cetakan ke-20). Bandung: Informatika.

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R &D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .