Penggunaan Media Corong Huruf Dengan Aplikasi Arduino Berbasis Laptop dijadikan sebagai media pembelajaran karena dapat mengenalkan dan meningkatkan presepsi anak terhadap berbagai macam huruf abjad. . Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan anak

Amelia Putri Pandhita, Isti Rusdiyani, yayang julianti, Agnia Shofia, Mita Khairunnisa

Sari


Penggunaan Media Corong Huruf Dengan Aplikasi Arduino Berbasis Laptop dijadikan sebagai media pembelajaran karena dapat mengenalkan dan meningkatkan presepsi anak terhadap berbagai macam huruf abjad. . Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan anak tunagrahita di SKH Negeri 02 Kota Serang dalam mengingat berbagai huruf abjad. Tujuan penelitian ini agar anak tunagrahita dapat menngenal dan mengingat huruf abjad dengan penggunaan media yang menyenangkan bagi proses pembelajaran anak. Subjek dalam penelitian ini seorang siswi A  tunagrahita ringan di kelas 1 Sekolah Dasar. Hasil penilitian menunjukkan bahwa penggunaan media corong huruf dengan aplikasi ardhuino berbasis laptop dapat meningkatkan antusias belajar siswa dalam mengenal huruf abjad dan membuat anak semakin mengingat berbagai huruf abjad di SKH Negeri 02 Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan, yaitu Subjek A sudah dapat mengenal huruf dari A- N walaupun A masih lupa beberapa huruf tertentu. Pada tahap observasi dan wawancara pertama kali yang dilakukan didapatkan hasil bahwa A sudah dapat mengenal huruf tetapi hanya dapat mngenal huruf dari A- D saja dan seringkali lupa huruf A- D tersebut. Dan melalui tahap uji coba pertama sudah mengingat keempat huruf tersebut dan pada uji coba kedua A sudah dapat mengenal huruf dari A hingga N.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran corong huruf dengan aplikasi arduino berbasis laptop dapat meningkatkan persepsi anak  terhadap huruf bagi anak tunagrhita di SKH Negeri 02 Kota Serang.

Kata Kunci


Anak Tunagrahita, Aplikasi Arduino, Media pembelajaran, Pembelajaran Huruf Abjad

Referensi


Ahmadi, Abu, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Amin, Rahmat, 2014, Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Permainan Mencari Jejak Anak Tunagrahita Ringan Kelas III, Artikel Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta .

Arsyad, Azhar, 2011, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fajrie, Nurul dkk, 2018, Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Jurnal Bagimu Negeri , Volume 2 No.1 (2018).

Marzal, Jefri, 2014, Desain Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Tunarungu Berbantuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jurnal Tekno--‐Pedagogi, Vol. 4 No. 2 September 2014.

Poernomo, Moyo, Hady, 2016, Perancangan Multimedia Pembelajaran untuk Terapi Anak Berkebutuhan Khusus, SMATIKA Jurnal, Volume 06 Nomor 01 Tahun 2016 STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.

Purnamasari, Rahmawati, 2014, Perancangan Media Pembelajaran Pada Penderita Autistik Intermediate Sebagai Pengenalan Benda Sehari-Hari Dengan Pendekatan Picture For Communication Exchange. Artikel Jurnal Institut Teknologi Sepuluh November.

Rini, Eko, Mistiko dkk, 2017, Perancangan Media Pembelajaran Tunagrahita Kelas 1 Semester 1 Di Sdlb Pgri Singojuruh Berbasis Web, Seminar Nasional Sistem Informasi 14 September 2017 Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang, UNMER Malang, Malang

Yulis, Erni. 2016, Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Gambar Simbol Untuk Anak Tunagrahita Sedang, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Volume 4 Nomor 3, , Hlm 5-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5585

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .