PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI E - BD² BERBASIS SMARTPHONE BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SKH PANDHITA KOTA SERANG

Gilang Septian Pratama, Sistri Adini Alamsyah, Alfiani Putri Awaliya, Muhammad Fauzil Ayuf Firmansyah, Maria Maghda Simatupang

Sari


Penggunaan Media Aplikasi E - BD² (Elektronik Bangun Datar Bina Diri) berbasis smartphone dijadikan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenalkan bentuk bangun datar serta bina diri pada anak tunagrahita. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan di Skh Pandhita yang dimana anak mengalami kesulitan dalam mengenal bentuk bangun datar serta bina diri. Tujuan penelitian ini agar anak tunagrahita dapat mengenal dan meningkatkan kemampuannya dalam mengetahui bentuk bangun datar dan bina diri dengan penggunaan media aplikasi E - BD² yang menyenangkan dalam proses pembelajaran anak. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa A tunagrahita ringan di kelas 4 Sekolah Dasar. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi E - BD² (Elektronik Bangun Datar Bina Diri) berbasis smartphone ini dapat meningkatkan antusiasme belajar siswa dalam mengenal dan meningkatkan kemampuan dalam mengetahui bentuk bangun datar dan bina diri pada anak tunagrahita di Skh Pandhita. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan-peningkatan yang dialami oleh anak sehingga anak sedikit demi sedikit anak mampu mengenal dan meningkatan kemampuan dalam mengetahui bentuk bangun datar dan bina diri.


Kata Kunci


Media Aplikasi E - BD², Anak Tunagrahita, Bangun Datar, Bina Diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd.Hafid. (2011). SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Sulesana. Volume 6 Nomor 2. Hal 69 – 78.

Fatima Siti, dkk. (2017). PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB N PURWAKARTA). Jurnal Penelitian & PKM. Vol 4, No: 2. Hal: 129 - 389

Yosiani Novita. (2014). RELASI KARAKTERISTIK ANAK TUNAGRAHITA DENGAN POLA TATA RUANG BELAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA. Jurnal Graduate Unpar. Vol. 1, No. 2. Hal 111 - 123.

Rahmanita. F, Samawi. A. (2014). PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. VOLUME 1, NOMOR 2, 106-111.

Pamuji. (2014). Adaptasi Media Pembelajaran Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 117-127.

Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10 (2), 126-141.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .