PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI GERAK TARI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CD (VIDEO) PADA SISWA KELAS VI SDLB TUNARUNGU DI SKH NEGERI 01 KABUPATEN TANGERANG

Atas Keksiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami gerak tari dengan media CD (Video) pada siswa kelas VI Tunarungu SKh Negeri 01 Kabupaten Tangerang tahun Pelajaran 2017/2018. Strategi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sampai  siklus II.

Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 yang mendapat KKM adalah 62, 5% dengan 5 siswa yang tuntas, dan keberhasilan siklus II sebesar 87, 5% dengan 7 siswa tuntas dari 8 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran SBDP  dengan media CD (Video) dapat meningkatkan kemampuan memahami gerak tari pada siswa.

 


Keywords


Kemampuan memahami derak tari, Media CD (Video), tunarungu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidkan Islam. Jakarta : Kultura

Barmin,dkk. 2012. Seni Budaya dan Keterampilan. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan : Pelayanan Professional Pembelajaran dan Mutu Belajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Garha, Oho. 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Jakarta : Dapartermen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta : LKis.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rumayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i3.6369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats