PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN UANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS (Outdoor Learning) BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SKh. NEGERI 01 KAB. TANGERANG

ENI NURHAYANI

Sari


Dalam menguasai kemampuan matematika diperlukan ketekunan, keuletan dan konsentrasi. Bagi anak tunagrahita menguasai keterampilan matematika dengan baik merupakan pekerjaan rumah tersendiri bagi guru dan orangtua. Hal ini dikarenakan anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam kecerdasan. Salah satu materi pada mata pelajaran matematika adalah menggunakan uang. Bagi anak tunagrahita kemampuan menggunakan uang menjadi sangat penting untuk dikuasai karena merupakan salah satu kemampuan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan uang guru menggunakan metode pembelajaran luar kelas dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggunakan uang melalui penggunaan metode pembelajaran luar kelas pada siswa tunagrahita SDLB kelas V di SKh. Negeri 01 Kab. Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek yang diteliti sebanyak 6 siswa tunagrahita kelas V SDLB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes berupa tes lisan dan perbuatan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa siswa yang mencapai nilai KKM selalu mengalami peningkatan. Dari hanya 0% (tidak ada siswa yang mencapai nilai KKM) pada pra tindakan menjadi 50% (3 siswa) pada siklus I dan meningkat terus menjadi 100% (6 siswa) pada siklus II. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan kemampuan menggunaan uang pada siswa tunagrahita kelas V SDLB di SKh. Negeri 01 Kab. Tangerang.


Kata Kunci


Kemampuan menggunakan uang, Metode Pembelajaran Luar Kelas, Siswa Tunagrahita Ringan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Moh. (1995). Ortopedagogik Anak TunaGrahita, Bandung : Depdikbud

Astati, Euis Nani. (2002). Pendidikan Luar Biasa di sekolah umum (Pengantar).Bandung : CV Pandawa.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya. Ilmiah. Jakarta: Kencana

Purwanto, M. Ngalim. (2006). Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumarno, (2002). Memadu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda dan Pustaka Pelajar

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i3.6370

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .