PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SDLB DI SKh YKDW 01 KOTA TANGERANG

NANI SURYANI

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan metode drill pada peserta didik tunagrahita kelas VII di SKh. YKDW 01 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 6 peserta didik tunagrahita kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes tertulis dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa keterampilan membaca permulaan selalu mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar peserta didik dari hanya 0% (0 peserta didik) pada pra tindakan menjadi 33% (2 peserta didik) pada siklus I dan meningkat terus menjadi 100% pada siklus II. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik tunagrahita kelas VII di SKh. YKDW 01 Kota Tangerang.

Kata Kunci


Keterampilan Membaca Permulaan, Metode Drill, Peserta Didik Tunagrahita Ringan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Abu, (1986). Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV Anrico

Arikunto, Suharsimi (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astati, (2002). Mengenal Anak Tunagrahita dan Pendidikannya, Makalah pengayaan pada pelatihan Program Khusus bagi Guru SLB/SDLB Tingkat Nasional. Jakarta : Diknas, Dirjen Dikdasmen, Dir PLB

Djamarah, Syaful Bahri dan Azwan Zain. (1995). Strateg Belajar Menh=gajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Komaidi, Didik & Wahyu Wijayati. (2011). Panduan Lengkap PTK Penelitian Tindakan Kelas: Teori, Praktek, dan contoh PTK. Yogyakarta: Sabda Media.

Sudjana, Nana. (1989).Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i3.6373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .